Pengawas: Bobot Tertinggi adalah RPP
Pengawas: Bobot Tertinggi adalah RPP

Pengawas: Bobot Tertinggi adalah RPP

visitasi smk muhammadiyah

Pagi ini tanggal 06 juni 2017, dilaksanakan Pra Visitasi SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek oleh Pengawas. Menurut bapak pengawas, Sutikno, M.Pd, akreditasi tahun 2017 sangat berbeda dengan tahun-tahun yang lalu. Diharapkan sekolah menyiapkan seluruh komponen (8komponen) dengan baik. Perangkat akreditasi berubah pada tahun 2017 salah satunya adalah Great nilai yang berbeda. Sebelum tahun 2017, prosentasi 75 termasuk mempunyai kategori baik, namun berbeda dengan sekarang tahun 2017 belum bisa dikategorikan baik.

Berikut nilai interval syarat akreditasi :
a. sekolah mendapat kategori  A bila mendapat nilai 91-100
b. sekolah mendapat kategori  B bila mendapat nilai 81-90
c. sekolah mendapat kategori C bila mendapat nilai 71-80
d. sekolah tidak mendapat akreditasi bila mendapat nilai < 71

Dari uraian interval syarat akreditasi diatas, maka bisa disimpulkan bahwa sekolah bisa terakreditasi minimal mencapai nilai 71.

Seiring pelaksanaan akreditasi yang semakin mepet, dan mempunyai syarat yang berbeda, diharapkan guru guru menyiapkan dokumen sesuai dan terbaik sesuai pedoman akreditasi. Menurut pak tik (sapaan beliau), disetiap komponen mempunyai orang yang bertanggung jawab terhadap asesor. Akreditasi SMK dilaksanaan penilaian  per lembar Keahlian, berbeda dengan level SMP yang diakreditasi adalah setiap lembaga.


Ada hal yang perlu penting untuk diketahui yaitu dari 8 komponen tidak boleh 1 nilai yang kurang dari 50, apabila terjadi satu saja nilai maka tidak terakreditasi. Perhitungan nilai akreditasi melalui beberapa tahap  dan setiap bobot butir mempunyai nilai yang tidak sama. Dari 8 komponen yang harus dipenuhi, bobot nilai yang besar adalah Perangkat RPP. Artinya, setiap guru yang mengajar wajib menyiapkan seluruh perangkat dan pengajaran dengan baik.




mutuggalek.060617

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.