-->
SMKM 1 T.GALEK; Outbond Melatih Jiwa dan Mental Siswa
SMKM 1 T.GALEK; Outbond Melatih Jiwa dan Mental Siswa

SMKM 1 T.GALEK; Outbond Melatih Jiwa dan Mental Siswa

outbond smk muhammadiyah 1 trenggalek


SMKM 1 T.GALEK; Outbond Melatih Jiwa dan Mental Siswa

Jiwa yang tenang akan berdampak pada kesiapan mental siswa. Ketenangan jiwa dalam belajar mengajar sangat diperlukan dikarenakan merupakan kunci utama dalam penerimaan ilmu pembelajaran disekolah.

Tidak semua pelajaran yang diajarkan disekolah mampu diserap secara baik bagi semua siswa, ada yang cepat dan lambat, bahkan ada yang tidak menerima apa-apa. Apa yang menyebabkan, salah satunya adalah proses belajar dan kondisi siswa yang membuat jiawanya tidak tenang.

Ada baiknya dan selalu dalam pembelajaran, guru menerapkan sistem inovasi pembelajaran. Variasi pembelajaran memungkinkan siswa untuk cepat dalam memahami pelajaran. Nah, untuk medapatkan ketenagan dalam belajar, perlu diadakan outbond.

Banyak yang masih belum memahami tentang arti dan manfaat dari suatu kegiatan ekstra kurikuler outbond. Padahal jika kita sebagai guru mengetahuinya, maka akan memudahkan siswa dalam belajar, memahami dan melatih mental untuk siswa.


Bagaimana tidak, selama enam hari, anak ditempa dan dicekoki pelajaran secara penuh. Hal ini secara psikologis akan berdampak pada kejenuhan dan kekurang-aktif-an siswa dalam belajar. Perasaan malas, mengantuk akan menjadi masalah baru dalam proses transfer knowlegde antara guru ke siswa. Bahaya sekali bila guru / sekolah tidak mempunyai strategi jitu dalam mendidik anak, akibatnya siswa mau diberi ilmu setinggi langit tidak akan mampu menerimanya.


Nah, salah satu kegiatan yang membuat diri dan mental anak terbagun adalah dengan diadakannya kegiatan outbond, bermain dengan teman dan pastinya dengan alam sekitar. Program outbond ini sangat membantu dan menjadi hal baru dalam memahamkan pendidikan sosial anak. Outbound merupakan kegiatan ekstrakurikuler disekolah untuk bermain, menyatu di alam terbuka. Outbound membantu siswa dalam memacu semangat belajar, motivasi pengembangan diri, mental berani siswa serta pendidikan sosial. Dalam hal fungsinya, merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan  yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.