PIDATO TERBAIK FIRMAN UNTUK GENERASI "MICIN"
PIDATO TERBAIK FIRMAN UNTUK GENERASI "MICIN"

PIDATO TERBAIK FIRMAN UNTUK GENERASI "MICIN"



PIDATO TERBAIK FIRMAN UNTUK GENERASI "MICIN"

Akhir tahun 2017 hampir akan berakhir. Sederet tugas perlu dirampungkan guna menyongsong tahun mendatang, 2018. Tak heran, siswa siswi sekolah banyak yang senang akan adanya libur panjang sekolah. Namun tidak untuk Firman, siswa SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek yang mempunyai harapan besar untuk generasi bangsa Indonesia mendatang, lewat lomba pidato dalam acara "Class Meet" SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, Firman menyampaikan pesan kepada generasi muda, inilah pesan tersebut untuk anak muda di era Globalisasi :


" Assalamualaikum.Wr.Wb

Hadirin yang berbahagia
Yang pertama dan yang paling utama, marilah kita senantiasa mengucap syukur atas yang nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk masih bisa berjuang dijalan Allah dalam rangka ber amar ma’ruf nahi munkar.

Sholawat teriring salam kita haturkan kepada uswatun hasanah kita, best of the best, and one of the ranking Rasululllah SAW. Sebagai ungkapan rasa syukur atas apa yang telah dilakukan rasulullah terhadap umatnya. Sehingga kita sampai saat ini bisa melaksanakan tuntunan dan tuntutannya.

Disini saya, firman dani wijaya perwakilan dari kelas XII – APK 1 akan membawakan sebuah pidato dengan tema kenakalan remaja.

Hadirin rakhimakumullah
Di era globalisasi seperti saat ini, mudah sekali informasi – informasi dapat kita akses tanpa adanya saringan terlebih dahulu. Media social tengah diviralkan dengan istilah – istilah seperti kids jaman now, student jaman now, human jaman now, boy or girl jaman now ditambah lagi dengan istilah baru yaitu generasi micin atau michiners. Dimana istilah – istilah tersebut diberikan kepada generasi – generasi masa kini yang dalam perilaku, pergaulan, maupun gaya busana yang telah keluar dari batas – batas normalnya. Seperti balita yang lebih suka main gadget, anak SD yang suka pacaran, anak SMP keseringan merokok, dan anak SMA yang sudah seenaknya main ranjang. Kita bisanya Cuma bilang “Astagfirullahaladzim”

Hadirin yang berbahagia
Di jaman now seperti ini, remaja yang notabenenya pelajar sudah tak asing lagi dengan drugs, smoke, alcohol, dan free seks. Awalnya mereka hanya coba – coba, kemudian mereka ketagihan dan berakhir pada kecanduan. Ada beberapa factor penyebab remaja jaman sekarang, yaitu;


  1. Factor individu/pribadi
Kurangnya bimbingan spiritualitas dan kurangnya berhati – hati dalam mengakses informasi yang mengakibatkan remaja melenceng jauh dari batas – batas yang positif. Sedari dini kita harus berhati – hati agar tidak terlalu terjerumus dan juga kita harus senantiasa membentengi diri kita dengan ilmu – ilmu agama.
  1. Factor keluarga
Kesalahan mendidik orang tua juga menjadi penyebab kenakalan remaja, orang tua yang sibuk bekerja hingga tidak memperhatikan perkembangan pergaulan anak mereka. Terlebih lagi remaja yang menjadi anak broken home, karena kebanyakan kesalahan dalam pergaulan lebih meninggi. Mereka frustasi dan akhirnya nge-drugs dan sebagainya.
  1. Factor lingkungan/pergaulan
Kesalahan memilih dan memilah teman juga menjadi pemicu kenakalan remaja. Karena, pengaruh teman sepermainan jauh lebih kuat menjerumuskan. Kita boleh saja berteman dengan banyak orang, namun kita juga harus berhati – hati pula dalam memilih teman, agar tidak terjerumus. Contoh pergaulan yang salah adalah tawuran antar pelajar, merokok, geng motor, dan mabuk – mabukan. Dan banyak dari contoh tersebut yang menimbulkan korban jiwa, baik dari kalangan mereka atau kalangan warga yang menjadi imbas dari kenakalan mereka.

Oleh sebab itu, jauhilah pergaulan yang salah tersebut dan bentengi diri, karena hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.


Hadirin yang berbahagia
Mari kita isi masa muda kita dengan memperbanyak kegiatan – kegiatan positif, misalnya dengan berorganisasi selain menjaga diri kita dari kegiatan negative, kita juga bisa mendapatkan pengalaman berharga dan tahu artinya memimpin dan dipimpin. Lakukan perubahan – perubahan yang lebih baik untuk masa depan kita. Ayo kita angkat tangan, kemudian letakkan didada dengan mengucap “Perubahan berawal dari SAYA. Jadilah student jaman now yang aktif, progressive, dan kreatif.

Hadirin yang berbahagia

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Assalamualaikum.wr.wb

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.