-->
Membudayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya I amrulohsj
Membudayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya I amrulohsj

Membudayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya I amrulohsj

Membudayakan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Smk muhammadiyah Trenggalek pagi hari ini 30 Januari 2018 melaksanakan bersih-bersih alun alun Trenggalek. Dipandu oleh bapak Mayong Tetra aminudin, guru BK sekaligus mantan kakang Trenggalek, siswa siswi bersemangat melaksanakan kebiasaan membersihkan dan membuang sampah pada tempatnya.

Menurut pak mayong, "anak dibiasakan untuk cinta dan sadar akan lingkungan yang bersih dan sehat".

Dengan adanya pembiasaan tersebut, anak akan secara tidak langsung dilatih untuk hidup bersih. Adanya kebiasaan yang ramah lingkungan dengan membuang sampah, maka kian lama akan menjadi budaya yang memberikan nilai/norma terhadap kehidupannya.

Coba kita berfikir secara luas kedepan, jangan kebelakang. Satu orang yang membuang sampah sembarangan setiap hari, misal sampah 1/2 kg perharinya, terdiri dari sampah organik dan non organik, maka selama sebulan, sampah yang berceceran dimuka bumi sebanyak 15 kg. Nah, apabila 100 orang melakukan hal yang sama, membuang sampah sembarangan, maka setiap bulan bumi akan memdapatkan tumpukan sampah sebanyak 1500 kg, 1 ton lebih.

Nah, apabila budaya buang sampah sembarang itu dirubah kebiasaannya menjadi buang sampah pada tempatnya, maka 1 dan 100 orang setiap bulannya akan mengurangi sampah berceceran1500 kg.

Ini belum mempermasalahkan bagaimana akan mengolah sampah itu. Maka setidaknya mari dimulai dari siswa siswi dimanapun berada membudayakan membuang sampah pada tempatnya

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.