-->
WAWANCARA DENGAN PESERTA BIMTEK ASESOR LSP I ESEMKAMU
WAWANCARA DENGAN PESERTA BIMTEK ASESOR LSP I ESEMKAMU

WAWANCARA DENGAN PESERTA BIMTEK ASESOR LSP I ESEMKAMU



WAWANCARA DENGAN PESERTA BIMTEK ASESOR LSP

Pada hari kedua pelaksanaan Bimtek Asesor LSP, admin SMK Muhammadiyah mencoba untuk mewawancarai salah satu peserta Bimtek Asesor, yaitu Ibu Partin, guru dari SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek.

sebenarnya, LSP itu apa Ya bu ?
LSP adalah kepanjangan dari Lembaga Sertifikasi Profesi. jadi banyak macamnya.
Ada tiga tipe LSP, yaitu:
1.     LSP tipe 1 atau sering disebut dengan nama LSP P1
LSP P1 dibentuk oleh lembaga pendidikan dan pelatihan (Lemdiklat) yang melatih pesertanya untuk kebutuhan industri. LSP P1 dapat menerbitkan sertifikat kompetensi sesuai dengan skema yang telah divalidasi oleh BNSP.  LSP P1 merupakan bagian terpadu dari LPK (lembaga pelatihan kerja) yang memiliki lisensi sebagai LPK independen dari Kemenaker. Oleh karena itu, pelatihan menjadi bagian tidak terpisah dari proses ujian sertifikasi yang dilaksanakan oleh LSP P1 ini. LSP P1 dapat menggunakan SKK-NI maupun SKK-Khusus tergantung dari pilihan mereka.
2.     LSP tipe 2 atau sering disebut dengan nama LSP P2
LSP P2 mirip dengan LSP P1, tetapi dijalankan oleh suatu departemen pemerintah tertentu yang membutuhkan SKK Khusus dari departemen itu sendiri untuk dijadikan landasan edukasi dan sertifikasi internal mereka. LSP P2 dibentuk oleh dinas unit pelaksana teknis (UPT) untuk memastikan jaringan UPT yang melakukan program sertifikasi kompetensi dapat diterbitkan oleh UPT yang membentuknya dengan UPT-UPT yang lain cukup sebagai tempat uji kompetensi (TUK). LSP P2 dapat menggunakan SKK-NI maupun SKK-Khusus tergantung dari pilihan mereka.
3.     LSP tipe 3 atau sering disebut dengan nama LSP P3
LSP P3 adalah LSP umum yang dapat dibentuk oleh asosiasi industri atau asosiasi profesi. Ujian sertifikasinya tidak harus terpadu dengan pelatihan khusus dari suatu LPK independen ataupun UPT tertentu. Siapapun yang memenuhi syarat dapat mengikuti ujian sertifikasi mereka secara langsung, dan oleh karena itu, LSP P3 umumnya menggunakan SKK-NI.

apakah yang dimaksud dengan sertifikasi Kompetensi dari BNSP?
jadi, proses pemberian sertifikat yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi kerja nasional Indonesia dan/atau internasional oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang ditunjuk oleh BNSP. Sertifikat kompetensi kerja adalah bukti tertulis yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi profesi terakreditasi yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu sesuai dengan SKKNI. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi ahli K3 maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasainya.

Pada Hari Kedua Ini, Bimtek Ditekankan masalah Apa ya Bu ?

untuk hari ini, kebetulan hari terakhir bimtek. Pak Vicky, sebagai Staff LSP Dinas Pendidikan Jawatimur menekankan pada prosedur untuk mendapatkan sertifikat asesor dari LSP.
syaratnya sebagiberikut:
1. mempunyai sertifikat kompetensi ada unit-unit kompetensi.
2. mempunyai kompetensi ada unit-unit kompetensi yang akan diujikan

untuk prosesnya sebagai berikut:
1. mengikuti program Pelatihan asesor
2. melakukan uji kompetensi mandiri
3. apabila mampu dan qualifiate, maka akan direkomendasikan untuk menjadi asesor.



Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.