Mengenalkan TOGA Kepada Siswa
Mengenalkan TOGA Kepada Siswa

Mengenalkan TOGA Kepada Siswa


TOGA adalah Tanaman obat keluarga merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah memanfaatkan sebidang tanah, baik di halaman sekolah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan akan obat-obatan herbal. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi siswa, khususnya manfaat obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, juga sebagai sarana pengetahuan dan kunjungan dari sekolah lain.

Di Sekolah kami SMK MUHAMMADIYAH 1 TRENGGALEK , kebun TOGA pertama kali diwujudkan untuk memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai di belakang ruang kelas. Dan bersamaan dengan diikutinya program Adiwiyata dan Lomba Sekolah Sehat oleh pihak sekolah maka semakin menambah keseriusan dalam mengolah lahan TOGA menjadi sarana pengetahuan dan pembelajaran bagi warga sekolah. Mulai membuat program kerja kebun TOGA sampai menanam berbagai macam tanaman TOGA.

Di SMK kami, memiliki 50 jenis tanaman TOGA. Beberapa jenis tanaman obat yang ditanam antara lain jahe, serai, bangle, lidah buaya, daun kumis kucing, daun dandang gendis, kunyit putih, lengkuas, kencur, lidah buaya, bunga 7 jarum, lidah mertua, binahong dan masih banyak lagi.
Untuk memelihara tanaman tersebut juga sudah dibentuk kelompok yang bertanggung jawab dalam pemberian pupuk, penyiraman maupun penyiangan. Sebelum ditanami lahan sudah dipersiapkan sebelumnya oleh bapak ibu guru dari pokja TOGA dengan penggemburan tanah dan pemberian pupuk, sehingga para peserta didik tinggal menanam. Para peserta didik merasa senang dapat merasakan pengalaman langsung berkebun.

SALAH satu faktor diwujudkannya kebun TOGA adalah untuk membantu proses lancarnya kegiatan belajar mengajar di sekolah serta untuk mendidik siswa untuk memamahi manfaat TOGA dan membelajarkan siswa untuk cinta lingkungan. Fungsi lain TOGA adalah ketersediaan fasilitas yang memadai yang berfungsi sebagai penunjang juga objek pembelajaran di sekolah dan taman kunjungan belajar dari sekolah atau instansi lain.

Dengan adanya TOGA, salah satu pendidikan tentang pentingnya mengenal tumbuhan obat. Tumbuhan obat sebagai hal penting dalam memberi manfaag bagi dunia kesehatan. Saat ini banyak sekali obat kimia yang beredar, justru menjadikan penyakit baru karena berlebih dalam menggunakannya. Maka, harapan besar bahwa obat tradisional akan mampu menjadi obat rujukan bagi kesehatan.

Untuk itu SMK MUHAMMADIYAH 1 TRENGGALEK terus berinovasi demi terpenuhinya kebutuhan peserta didik. Salah satunya dengan membangun taman edukasi sebagai langkah realistis yang dilakukan sekolah untuk kemajuan peserta didik.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.