Penanaman Karakter dalam Upacara Hari Senin I SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek
Penanaman Karakter dalam Upacara Hari Senin I SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek

Penanaman Karakter dalam Upacara Hari Senin I SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek



Bulan agustus adalah bulan kemerdekaan. dimana 73 tahun yang lalu indonesia merdeka secara menyeluruh. saat ini, anak cucu yang meneruskan perjuangan Pahlawan, sudah sepatutnya mengisi perjuangan dengan pembangunan, berprestasi, pandai memimpin, cinta tanah air, dan selalu berusaha menuju yang terbaik untuk negara.

Salah satu didikan siswa untuk mempunyai karakter kepemimpinan adalah dengan pembiasaan upacara bendera.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih
Pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih merupakan kegiatan inti dalam pelaksanaan upacara bendera. bendera merah putih merupakan simbol Negara Indonesia. merah sebagai simbol keberanian, putih simbol kesucian. Upaca Bendera menjadi kewajiba warga sekolah SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. Kegiatan tersebut ditujukan untuk menumbuhkan karakter disiplin, taatgotong royong dan kebersamaan, terlihat dari bagaimana keteraturan dalam persiapan, ketepatan dalam kedisiplinan, hingga dalam posisi badan, ayunan tangan, serta hentakan kaki para petugas pengibar harus bergerak dalam berirama. 

Lha, kalau tiba-tiba lihat ada salah satu petugas pengibar yang gerakannya kurang kompak, maka hilanglah simbol kekompakan itu. Karena mengompakkan gerakan itu susah, maka diperlukan untuk dibiasakan. butuh rasa kebersamaan yang tinggi. Selain itu, petugas pengibar bendera juga membutuhkan kesiapan fisik dan mental untuk menjalankan tugasnya.

Mengheningkan Cipta
nyanyian hening, "dengan seluruh angkasa raya memuji pahlawan negara.....". ketika kita mendengar nyaian lirih sambil menundukkan kepala, maka ini adalah simbol penghormatan kita kepada pahlawan Negara Indonesia. Mengheningkan cipta itu ditujukan agar siswa mampu meneladani jiwa patriotisme para pejuang, yang nantinya akan berdampak pada tumbuhnya kecintaan terhadap bangsa dan negara. 

Pembacaan Teks Pancasila
Pembacaan teks Pancasila ditujukan agar siswa kembali mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. 
Banyak sekali orang yang lupa terhadap Teks Pancasila, maka sejak dini, disekolah, penerus bangsa harus ingat Teks Pancasila.

Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945
Pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 penting sekali. Tujuannya adalah mengingatkan para siswa kembali tentang dasar negara Republik Indonesia. Dengan mengetahui dan ingat Pembukaan teks UUD 1945, maka akn menambah rasa cinta terhadap Negara, mengurangi dampak radikalisme terhadap siswa dan generasi penerus.

Amanat Pembina Upacara SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek
Hari ini adalah Upacara untuk memperingati bahwa bulan agustus sebagai hari dimana Indonesia merdeka. Dengan semangat perjuangan, maka anak akan terdidik untuk memiliki semangat juang, pantang menyerah dan selalu semangat.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.