-->
INDONESIA SUDAH MERDEKA 73 TAHUN
INDONESIA SUDAH MERDEKA 73 TAHUN

INDONESIA SUDAH MERDEKA 73 TAHUN


INDONESIA SUDAH MERDEKA 73 TAHUN

Trenggalek, Kamis 16 Agustus 2018. Peringatan hari kemerdekaan indonesia tahun ini kembali lagi, seperti tahun sebelumnya, kami tidak akan lupa. Tak terasa kemerdekaan indonesia sudah 73 tahun, pengorbanan yang dilakukan oleh pahlawan dimasa lampau tidaklah sia-sia, tidak akan kami kecewakan, karena lewat perjuangan yang mereka lakukan indonesia akhirnya bisa merdeka dan kita bisa menikmati kemerdekaan itu sampai saat ini. kami, sebagai Generasi bangsa indonesia di masa kini tentu kita harus senantiasa bersyukur dengan kemerdekaan yang masih kita rasakan saat ini dan harus mampu mengisinya kemerdekaan ini dengan sebaik mungkin.

Pada usia yang ke 73 ini, wahai Indonesia, terdengar sayup-sayup dendang lagu indonesia merdeka terpecah dipelosok negeri, gempar, seperti goncangan kegirangan, semangat memerah membara. dalam bilik-bilik sempit terucapkan semangat mendera kedalam diri setiap anak bangsa, teguh tegar lambang merah putih kenegaraan diluncurkan kelangit tertinggi sebagai tanda bahwa, Indonesia sedang merdeka.


Teringat sudah, ".... disana tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda, tempat berlindung di hari tua, sampai akhir menutup mata". ya Tuhan, air mata ini tidak mampu terbendung.

Dendang lagu tersebu mewakili perasaan kami sebagai anak bangsa yang saat ini hanya tinggal menikmati hasil darah dan keringat para pendahulu, kakek kami, eyang, buyut, pejuang Negara. ditengah kegembiraan ini, kami sedikit menengok kebelakang, ingin rasanya membantu mereka para pejuang mengangkat senjata, bertarung dimedan juang, medan perang. kami merasa, tidak rela ,mereka para pejuang berjuang sendiri, mengusir penjajah sendiri. tidak rela, kami tidak rela..

350 tahun bukanlah tahun yang sedikit, itu sangatlah banyak, bayangkan berapa generasi yang harus mati diladangnya sendiri, Indonesia, oleh para pisau-pisau hina penjajah yang disayatkan keleher para pejuang, pistol-pistol kemunafikaan yang dengan sadis ditodongkan ke kepala para pejuang. Kami tidak rela hanya menikmati kemerdekaan ini, tanpa keringat.

Baiklah, saat ini hanya doa yang mampu kami panjatkan. sebenarnya kami tak pantas untuk bergembira, jika memandang kebelakang perjuangan para pejuang , para pahlawan. namun, kami juga mau membuatmu sedih dengan kelalakuan kami dalam mengelola negeri ini. kami tidak mau membuatmu kecewa melihat negeri Indonesia yang merdeka sepenuhnya ini hanya dengan berpangku tangan, kami ingin membangun Indonesia.

Indonesia dari masa kemasa tentu mengalami banyak peristiwa dan juga silih berganti pemerintahan. Banyak kejadian yang menimpa bangsa ini entah itu baik maupun buruk seringkali menyapa, banyak lika-liku yang telah dihadapi dengan tegar dan bijaksana oleh anak bangsa yang mempunyai tekad perjuangan. 73 tahun indonesia merdeka tentulah tidak sebentar, sangatlah lama. Sudah cukup lama bangsa ini merasakan indahnya kemerdekaan yang dirasakan oleh berbagai kalangan. Peringatan kemerdekaan yang sebentar lagi tiba tentunya bisa menjadi sebuah renungan untuk kita dalam upaya untuk berusaha mengisinya sebaik mungkin, Lantas bagaimana dengan kita saat ini? Tentunya jawaban semua itu kembali kepada diri kita sendiri.


Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.