-->
SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SPMI 2018 I ESEMKAMU
SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SPMI 2018 I ESEMKAMU

SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SPMI 2018 I ESEMKAMU



Trenggalek, esemkamu, selasa 28/8/2018 dilaksanakan sosialisasi dan Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMKN 1 Suruh Trenggalek. sosialisasi dilaksanakan untuk memberikan pandangan yang selaras terhadap SPMI.

SMKN 1 Suruh ditunjuk sebagai sekolah model SPMI Kabupaten Trenggalek, membawahi sekolah imbas yang diantaranya SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, SMK Muhammadiyah Watulimo, SMK Islam Panggul, SMK Islam Durenan, SMK Qomarul Hidayah 2. kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pengawas/Pembina SMK Kabupaten Trenggalek dan  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Trenggalek.

Peserta dalam Kegiatan Sosialisasi ini adalah Kepala Sekolah, Guru, wk kesiswaan, dan wk humas.
Kegiatan Sosialisasi "Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sekolah Model bertujuan untuk meningkatkan penjaminan mutu internal Sekolah Model itu sendiri serta bagi Sekolah Imbas bertujuan supaya nantinya Sekolah Imbas bisa berbagi informasi dan menerapkannya di sekolah masing-masing.

Adapun pengertian dari Sekolah Model adalah sekolah berbasis standar nasional pendidikan, yang mencakup 8 standar nasional pendidikan yakni standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, standar penilaian, standar PTK ,standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar sarpras .

Sekolah Model ini ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah tersebut.

Adapaun Sekolah Model sendiri dipilih dari sekolah yang belum memenuhi SNP untuk dibina oleh LPMP bersama sama pemerintah daerah agar dapat menerapkan penjaminan mutu pendidikan di sekolah mereka sebagai upaya untuk memenuhi SNP. Pembinaan oleh LPMP dan pemerintah daerah dilakukan hingga sekolah telah mampu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

Kemudian Sekolah Model dijadikan sebagai sekolah percontohan bagi sekolah lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya, sekolah yang diimbaskan ini selanjutnya disebut dengan sekolah imbas.

Dan dalam pelaksaannya Sekolah Model dibina oleh LPMP dibantu oleh fasilitator daerah. Pembinaan yang diterima oleh sekolah dalam bentuk pelatihan, pendampingan, supervisi serta monitoring dan evaluasi.

Pembinaan tersebut dilakukan oleh LPMP hingga sekolah tersebut mampu melaksanakan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Kemandirian sekolah diukur oleh LPMP pada kegiatan monitoring dan evaluasi sesuai instrumen yang disediakan.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.