VISITASI PENILAIAN BKK di SMK YPM 8 SIDOARJO
VISITASI PENILAIAN BKK di SMK YPM 8 SIDOARJO

VISITASI PENILAIAN BKK di SMK YPM 8 SIDOARJO


Jumat, 7 September 2018 telah diadakan penilaian Bursa Kerja Kusus (BKK) di SMK YPM 8 Sidoarjo. Penilaian dilakukan oleh dua visitor yaitu ibu Sri endahyani dari BKK Jawa Timur dan bapak Amruloh dari Dinas Pendidikan Jawa Timur Cabang Dinas Kabupaten Trenggalek.

Penilaian ini dilakukan dalam rangka lomba BKK yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tahun 2018.

Dalam kesempatan kali ini SMK YPM 8 Sidoarjo didaulat sebagai tempat kedua pelaksanaan penilaian.

Tim penilai BKK tiba di  pukul 11.00 dan langsung diterima oleh kepala sekolah, bapak Drs. Kisyanto SM., SE, MM.

Mengingat waktu hari jumat, maka segera dilaksanakan penilaian BKK. Kepala sekolah, guru dan karyawan menyambut dalam pembukaan penilaian BKK. Dalam sambutannya, kepala sekolah memberikan ucapan selamat datang di SMK YPM 8 Krian untuk menilai kinerja BKK disekolahnya.

Menurut Bapak Kisyanto, sekolahnya baru pertama kali mengikuti perlombaan BKK dalam BKK Award tahun 2018 ini. Beliau menjelaskan bahwa sebenarnya sekolahnya belum siap secara optimal mengikuti lomba, karena sebenarnya dalam rapat MKKS Sidoarjo mengusulkan sekolah lain.

Akan tetapi saat pengumuman dari dinas Pendidikan Jawa Timur, sekolahnya ikut berkontestasi. Maka bagaimanapun tetap siap, tetap dipersiapkan secara maksimal dalam hal mempersiapkan instrumen.

Sambutan selanjutnya dari Ketua BKK SMK YPM 8 Sidoarjo, Bapak Didik. Bapak didik memberikan penayangan dalam power poin tentang perkembangan sekolahnya dalam BKK.
Menurut pak didikm BKK disekolahnya selalu berusaha untuk bekerjasama dengan semua pabrik, pencari kerja, agar siswa siswi SMK YPM 8 Sidoarjo tidak kesulitan kerja.

Beliau mempunyai program kerja untuk secepatnya anak mendapatkan kerja, BKK yang sangat Produktif, tuturnya.

Karena produktif, maka ketika anak akan lulus, beliau sidah mempersiapkan dokumen kerjasama dengan banyak pabrik unruk diadakan rekrutmen dan sosialisasi. Keterangan tentang BKK dijelaskan oleh perwakilan BKK Jatim, ibu Sri Endahyani, yang juga merupakan salah satu penilai BKK.

Yang akan dinilai adalah hasil kerja BKK dan dokumentasi tiga tahun yang lalu, memeriksa ketersediaan perekaman  dokumen untuk menilai bahwa BKK di SMK YPM 8 Sidoarjo berjalan.
Penuturan lain disampaikan oleh visitor dari perwakilan Dinas pendidikan jawa timur cabang Trenggalek, bapak Amruloh, diantaranya memberikan pandangan yang sama terhadap tujuan dan maksud Bursa Kerja Kusus dan perlombaannya, mengapa harus diadakan setiap tahun.

Menurutnya, lomba diadakan agar sekolah sekolah taat terhadap administrasi dan dokumentasi. Selain itu juga, dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan dan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 September 2016 telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia.

Beliau memberikan motivasi agar sekolah bergairah untuk selalu memajukan anak didiknya menuju tempat kerja.

Selama 4 jam telah dilaksanakan penilaian. Banyak dokumen yang dicek dan dibuka untuk kelengkapan instrumen. Dan tepat jam 14.00 telah selesai dalam menilai BKK.
Diketahui bahwa dalam penilaian ini mempunyai kriteria diantaranya ; penilaian Manajemen  berbobot 100, kerjasama 300, keterkaitan 200, dan hasil kegiatan 400.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.