MENCETAK SEJARAH ; MPK ESEMKAMU
MENCETAK SEJARAH ; MPK ESEMKAMU

MENCETAK SEJARAH ; MPK ESEMKAMU

Trenggalek, esemkamu. Oktober tanggal 11 telah terjadi perubahan besar dalam organisasi kesiswaan di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. Pasalnya, pagi ini digedung satu dan dua SMK Muhammadiyah telah tercetak sejarah pertama kali yaitu berdirinya organisasi Majelis Perwakilan kelas atau disingkat MPK.

Majelis Permusyawaratan Kelas atau Majelis Perwakilan Kelas,adalah suatu Organisasi yang berada ditingkat Sekolah di Indonesia yang ada di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Majelis Permusyawaratan Kelas berada di luar Struktur Organisasi Sekolah dan salah satu organisasi kesiswaan yang resmi dan wajib ada di SMA/MA/ SMK bersama-sama dengan Pembina MPK dan OSIS/IPM. Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) adalah Pengawas Kebijakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Ikatan Pelajar  Muhammadiyah yang berperan penting dalam suatu sekolah.

Dalam suatu kampanye calon ketua MPK pagi tadi pukul 08.00 wib, wajib setiap calon/ formatur menyampaikan gagasan kedepan dalam bentuk visi dan misi.

Salah satu kandidat ketua, mahmud efendi, menyampaikan gagasannya dengan lantang dan tegas. Mahmud mempunyai visi yaitu menjadikan MPK sebagai wadah pengawasan IPM. Visi tersebut akan dicapai dalam misi : memastikan kegiatan IPM berjalan sukses, meningkatkan fungsi dalam ekstrakurikuler, mempromosikan MPK ke luar sekolah dan menyelenggarakan perkumpulan MPK se Kabupaten Trenggalek.

Kandidat lain juga menggagas hal yang menarik, yaitu anik widiastutik, wakil perempuan dari kelas Administrasi Perkantoran kelas 11 ini berinisiasi untuk mewujudkan MPK sebagai organisasi yang terbuka sebagai wadah penyalur aspirasi siswa.

Salah salah satu pertanyaan dari siswa untuk anik adalah, upaya apa yang akan dilakukan untuk mewujudkannya ? Dijawab oleh anik yaitu dengan dibangunnya media sebagai tempat untuk berkomunikasi menggunakan web, watsapp dan media media lainnya. Pertanyaan yang dilayangkan dari calon pemilih yang bernama astiti.

Gagasan lain diungkap oleh kandidat lain, yaitu Koulam Hadi. Hadi menginginkan, MPK sebagai wakil kelas dalam upaya meningkatkan potensi siswanya, menjalankan tugas MPK yang berbeda dengan IPM, mewujudkan pengawasan teradap IPM untuk kemajuan siswa dan sekolah.

Terakhir, kandidat perwakilan kelas 10 yaitu Alim Nurhudin. Alim mempunyai cita cita besar untuk organisasi di SMK Muhammadiyah yaitu mewujudkan generasi MPK yang berprestasi, sopan santun, bijaksana dan salin bergotong royong.

Dari hasil perhitungan suara yang dilakukan diruang guru SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, didapatkan hasil sebagai berikut: 
1. Mahmud efendi : 65
2. Anik widiastutik : 42
3. Koulam Hadi : 27
4. Alim Nurhudin : 21.
5. Suara tidak sah sebanyak  : 16.


Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.