-->
Pajak Sumbang Asihku Untuk Negeri I Rista Husnul Hayati I Esemkamu
Pajak Sumbang Asihku Untuk Negeri I Rista Husnul Hayati I Esemkamu

Pajak Sumbang Asihku Untuk Negeri I Rista Husnul Hayati I Esemkamu



Dengan semangat yang besar, akhirnya siswa SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek mendapatkan juara dua lomba essay yang diselenggarakan KP2KP Pajak Trenggalek. Dalam lomba yang dimotori oleh kantor Pajak Trenggalek tersebut menghasilkan juara yang mempunyai perhatian besar terhadap pajak di Indonesia.
Berikut ini adalah cuplikan essay pajak Rista Husnul Hayati yang telah sukses menjadi pemenang juara dua se-Kabupaten Trengggalek.

"Kata “sumbang” dalam judul essay ini berarti memberikan bantuan berupa materi atau non-materi. Lantas dalam benak saya sempat berfikir, mengapa Negara Indonesia memerlukan uluran sumbangan dari rakyat ? bukankah, rakyat adalah orang yang paling utama dalam pemberian sumbangan ?
Mari sejenak kita “mengungkit” kata kebangsaan. Bangsa adalah kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan wilayah tertentu di muka  bumi. Menurut  Prof. Mr L.J Van Appeldorn, Negara adalah persekutuan rakyat,  yang hidup dalam suatu daerah dalam kekuasaan tertinggi. Nah dari pengertian bangsa dan Negara, kehidupan banyak orang dalam suatu Negara memerlukan pengaturan, salah satunya mengatur tentang siapa yang berkuasa, dalam hal ini adalah pemerintah.
Dalam hidup berbangsa dan berNegara, akan ada suatu sistem yang mengatur tentang aturan tentang hidup bersama, yaitu tentang sinergi. Dalam suatu ruang besar, Negara, maka diperlukan sinergitas antara rakyat dan pemerintah sebagai wakil kehadiran suatu Negara. Dalam arti, rakyat adalah orang perorangan yang hidup disuatu wilayah keNegaraan, dan Negara adalah tempat hidup rakyat. Sinergi sangat diperlukan karenanya tidak boleh acuh, egois dalam hidup bersama.
Tentang sumbangan tersebut, sebenarnya, adalah satu sistem yang indah, saling mengatur dan gotong royong untuk menciptakan kesejahteraan sosial, dengan konsep memberi. Sumbangan berupa materi dan non materi rakyat kepada Negara adalah dinamika yang saling terkait, sinergi dan saling menguntungkan, bukan sebaliknya yang justru diidentikkan dengan hal negatif.
Sinergitas itu adalah sumbangan rakyat kepada Negara yang sebenarnya pada akhirnya akan digunakan sebanyak-banyaknya dan sebaikbaiknya untuk kepentingan rakyat sendiri. Sumbangan yang dibicarakan adalah berupa pajak.
Pajak adalah satu kata yang sangat sering kita dengar entah itu dilingkungan kita maupun ditempat-tempat lain. Pajak selalu saja menjadi pembahasan oleh masyarakat karena menurut masyarakat pajak adalah suatu hal yang sangat menjadi beban bagi mereka disebabkan banyaknya uang yang harus mereka keluarkan untuk membayar pajak tersebut. Banyak sekali masyarakat-masyarakat awam yang selalu berpendapat bahwa pajak itu hanya akan membuat miskin semua rakyatnya, padahal itu sangatlah salah karena pajak sendiri itu juga akhirnya digunakan oleh masyarakat itu kembali.
Padahal kalau masyarakat luas mengetahui bahwa, pada tahun 2017, pajak di Indonesia memberikan sumbangsih kepada Negara sebanyak 1.151 Triliun. Nah, dengan adanya sumbangsih pajak sebesar itu, maka sebenarnya pemerintah menggunakannya untuk kepentingan rakyat, diantaranya, bangun jalan, bangun jembatan, permodaan dan lain sebagainya.
Tapi memang dari sebagian besar masyarakat yang tidak terima akan adanya pajak itu adalah dari masyarakat yang masih belum mampu, mereka bukan tanpa alasan tidak terima  dengan pembayaran pajak tapi mereka itu merasa sangat berat untuk melepas uang dengan begitu banyaknya sedangkan keperluan mereka itu masih banyak.
Mungkin masyarakat  yang belum terlalu mengerti tentang pajak itu perlu adanya bimbingan kembali oleh pemerintah, bahkan kita siswa siswi atau pelajar yang sudah mengerti akan pentingnya pajak tersebut bisa memberikan pengertian-pengertian yang akan menjadikan masyarakat itu faham tentang pentingnya pajak.
Kenapa harus para pelajar yang disangkutkan dalam hal pajak ini? Karena jika seorang pelajar tidak mengetahui tentang pentingnya pajak,ditahun-tahun yang akan datang pun masalah pajak akan tetap saja sama , karena yang sekarang menjadi seorang pelajar pun akan merasakan juga yang namanya membayar pajak.
Dan terkadang sebagian dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab selalu memainkan jumlah pajak yang harus dibayar oleh individu atau suatu badan tertentu dengan tidak adanya persetujuan dari pemerintah terlebih dahulu, dengan tujuan mereka akan meraup keuntungan yang banyak dari pebayaran pajak tersebut.
Apa bisa setor pajak dimainkan ? bisa saja. Misalkan saja suatu badan usaha, mempunyai tunggakan pajak sebesar 30 juta rupiyah, maka dengan negosiasi dengan pihak tertentu, bisa jadi orang yang berwenang, maka pajak yang seharusnya dibayarkan tidak terbayarkan.
Dan akibat dari tidak bertanggungjawabnya beberapa oknum tersebut membuat membuat pembangunan- pembangunan yang akan dilakukan di Indonesia menjadi terhambat karena kurangnya uang pajak yang terkumpul. Dan akhirnya Negara yang harus menanggung defisit anggaran sebesar yang ditargetkan sebelumnya dengan cara peminjaman dalam negeri maupun luar negeri.
Dengan adanya hal tersebut yang akan membuat hutang Negara semakin menumpuk dari tahun ketahunnya. Tapi memang itu sepenuhnya bukan salah masyarakat maupun Negara, tetapi sekarang jika kita fikir saja masyarakat-masyarakat yang ada di desa sudah membayar pajak sepenuhnya tetapi apa yang terjadi yang pembangunan-pembangunan yang dilakukan kebanyakan malah di kota. Bahkan jalan-jalan rusak yang ada di desa pun tidak segera dibenahi pemerintah selalu memberikan janji tetapi tidak memberikan bukti nyata.
Kita bayangkan saja dikota-kota besar sekarang selalu saja bertambah gedung-gedung besar yang dibangun tanpa memikirkan pembangunan-pembangunan didesa. Yang seharusnya pembangunan didesa itu juga harus diperhatikan sama seperti dikota-kota besar, karena yang membayar pajak itu tidak hanya dikota saja.
Semoga anak didik SMK Muhammadiyah semakin besemangat untuk mengembangkan potensinya.



Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.