-->
Begini Implementasi Bahasa Daerah dan Pakaian Adat di SMK Muhammadiyah 1  Trenggalek
Begini Implementasi Bahasa Daerah dan Pakaian Adat di SMK Muhammadiyah 1  Trenggalek

Begini Implementasi Bahasa Daerah dan Pakaian Adat di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek

Begini Implementasi Bahasa Daerah dan Pakaian Adat di SMK Muhammadiyah 1  Trenggalek

Esemkamu.Com, Trenggalek. Selasa 06 November 2018 menjadi hari-hari selasa seperti sebelumnya, yaitu hari dimana secara rutin menerapkan bahasa daerah untuk berkomunikasi dan berpakaian adat sebagai manifestasi kebudayaan busana daerah. Seperti halnya yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1  Trenggalek, Guru/karyawan dan siswa-siswi  menerapkan setiap hari selasa.

Sebenarnya, pemerintah melalui dinas pendidikan mempunyai harapan besar terhadap kebudayaan dan adat istiadat di Indonesia. Harapannya adalah, generasi bangsa kedepan mengetahui budaya dan adat yang ada didaerahnya. Maka dari itulah, setiap daerah yang mempunyai keunikan budaya diterapkan dalam kehidupan, salah satunya dimulai dari sekolah.

Menurut kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek, sebagai sekolah dibawah naungan dinas pendidikan, sekolah wajib taat dan patuh terhadap aturan.

“Aturan penerapan ini merujuk surat edaran dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Trenggalek, Nomor 421/491/101.6.13/2018, tanggal 14 Maret 2018, dan kita harus taat”, tutur bunda rini sapaan beliau.

Dijelaskan pula isi dari surat edaran tersebut, agar implementasi aturan disekolah berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan.

“ isinya Perihal Penggunaan Bahasa Daerah dan Pakaian Adat Daerah, sekolah negeri/swasta di wilayah Trenggalek menerapkan bahasa daerah dan pakaian adat pada minggu pertama hari selasa”, tegas kepala sekolah.


Setiap daerah dijawa timur menerapkan aturan tersebut sebagai tindak lanjut Surat dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Nomor 005/529/101.5/2018, tanggal 6 Maret 2018, Perihal ; Penggunaan Bahasa Daerah dan Pakaian Adat Daerah, sebagai Implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 tentang ; Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan Lokal Wajib, di Sekolah/Madrasah.

Lantas bagaimana penerapannya di SMK Muhammadiyah ?

1. Setiap hari selasa, wajib bagi guru/karyawan serta siswa-siswi untuk menggunakan bahasa daerah, khususnya memakai krama inggil dan ngoko alusKrama inggil digunakan untuk sesama guru/karyawan dan komunikasi siswa-siswi terhadap guru. untuk Ngoko alus, digunakan sesama siswa-siswi.
2. Setiap hari selasa, guru/karyawan menggunkaan busana adat. Bagi guru /Karyawan perempuan menggunakan kebaya dan bawahannya sinjang
3. Kelas bahasa inggris, tetap menggunakan bahasa jawa untuk berkomunikasi, untuk materi tetap menggunakan bahasa inggris.



Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.