Pawai Obor Peringati Hari Pahlawan I esemkamu.com
Pawai Obor Peringati Hari Pahlawan I esemkamu.com

Pawai Obor Peringati Hari Pahlawan I esemkamu.com


Esemkamu.Com, Trenggalek. Menyambut hari Pahlawan, ribuan siswa-siswi Sekolah dan santri di Trenggalek, 09 November 2018  mengikuti pawai obor keliling kota Trenggalek.

Sebagai bentuk partisipasinya, sebanyak 16 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek turut menggelar acara bersama.

Dengan berseragam Hizbul Wathan, siswa-siswi SMK Muhammadiyah membawa obor semangat dan menyanyikan lagu perjuangan serta yel-yel.




Pawai obor tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan Polres Trenggalek sebagai bentuk memperingati hari Pahlawan.

Kegiatan pawai obor ini sebagai Peringatan Hari Pahlawan adalah suatu momentum sejarah untuk mengenang  peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, pertempuran terbesar yang terjadi setelah Indonesia merdeka yang telah menewaskan Brigadir Jendral Mallaby.

Pada pertempuran ini para pahlawan dan pejuang bersatu padu mengusir penjajah dengan peralatan seadanya, dengan semangat pantang menyerah, rela berkorban tanpa pamrih demi kedaulatan bangsa dan negara Republik Indonesia.


Keikutsertaan para siswa-siswi sekolahan dan para santri sebagai bentuk manifestasi kesadaran sejak dini terhadap perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa, siswa-siswi adalah penerus perjuangan dan cita-cita luhur perjuangan para pahlawan.

Menurut penuturan bapak Kapolres Trenggalek, obor adalah simbol semangat. Makna obor, masih kata AKBP Didit, dulu digunakan sebagai alat penerang namun dibalik itu semua ada nilai filosifi bahwa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki rasa cinta tanah air yang tak pernah mati dan bisa menerangi dunia dengan ilmu pengetahuan layaknya api obor.


Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.