Sabun Abu Multiguna I GIS MENRISTEKDIKTI.UNESA I ESEMKAMU
Sabun Abu Multiguna I GIS MENRISTEKDIKTI.UNESA I ESEMKAMU

Sabun Abu Multiguna I GIS MENRISTEKDIKTI.UNESA I ESEMKAMU


     Sebagai siswa yang mencintai akan adanya kebersihan, maka dalam setiap hidup, sudah selayaknya hidup secara sehat. Bahkan untuk semua orang, budaya sehat harus diterapkan. Salah satu cara agar hidup sehat dan bersih, maka lahirlah sabun sebagai alat untuk membersihkan diri
Menurut wikipedia tentang sejarah sabun, diketahui bahwa sabun digunakan pertama kali pada zaman Romawi. Zaman Romawi sabun digunakan untuk umum pada tahun 312 SM. Penggunaan sabun secara umum tersebut untuk mandi. Peristiwa mandi menjadi peristiwa pertama didunia dan menjadi peristiwa yang paling terkenal.
Dalam sejarah perkembanganya, pada abad-ke 2 Masehi, seorang dokter dari Yunani, yang bernama Galen, menganjurkan sabun untuk pengobatan dan pembersih. Perkembangan sabun ternyata menyebar di seluruh jagat, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri banyak digunakan untuk obat dan kebersihan. Jenis-jenis sabun di Indonesia ada dua, yaitu sabun cair dan sabun padat. Manfaat sabun digunakan sebagai obat kulit, mencuci tangan, membersihkan lantai, membersihkan kendaraan, membersihkan peralatan dapur, dan sebagainya.
Dalam pembuatan sabun, dikenal dengan istilah saponifikasi. Dalam sejarahnya saponifikasi merupakan pembuatan sabun yang dikombinasi oleh minyak hewani dengan garam alkali. Penemuan saponifikasi tersebut terjadi di Mesir kun pada tahun 1500 SM. Dalam perkembangan teknologi pembuatan sabun masyarakat Romawi kuno melakukan saponifikasi dengan cara mereaksikan amonium karbonat dengan minyak tumbuhan dan lemak (Historia.com). Cara yang digunakan Romawi kuno ditiru di negeri-negeri Eropa hingga menyebar di desa-desa indonesia pada tahun 1980. Pada akhirnya saun telah menjadi kebutuhan pokok dan barang kebutuhan sehari-hari. Peristiwa mandi tidak akan terpisahkan dari sabun, mencuci tangan dengan sabun untuk kesehatan kulit.
Teknologi pembuatan sabun terus diteliti dan diciptakan. Penelitian tentang kandungan sabun, yang diantaranya untuk obat, anti bakteri, dan untuk kebersihan terus dilakukan hingga menjadikan sabun sebagai bahan yang sangat bernilai. Beberapa perembangan jenis bahan sabun salah satunya digunakan untuk make-up wajah yaitu sabun pepaya dan sabun lidah buaya.  Ada perkembangan tekhnologi pembuatan sabun yaitu untuk obat anti gatal.
Melihat teknologi pembuatan sabun yang semakin berkembang kami mempunyai inisiasi untuk berperan dalam menciptakan teknologi pembuatan sabun. Kami mempunyai gagasan, teknologi pembuatan mengunakan metode hot process dan cold process. Bahan utama yang kami gunakan adalah abu, yang mempunyai kandungan manfaat yag tinggi. Akhirnya kami menuntaskan penelitian dalam teknologi pembuatan sabun dan kami rangkum dalam karya tulis ilmiah yang berjudul “SABUN ABU MULTIGUNA

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.