Penyerahan Dana PIP Tahun 2019   I admin esemkamu.com
Penyerahan Dana PIP Tahun 2019   I admin esemkamu.com

Penyerahan Dana PIP Tahun 2019 I admin esemkamu.com





Trenggalek, esemkamu.com. Dari aula SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek dilaksanakan agenda penyerahan dana Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2019.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). 

Menurut bendahara sekolah Smk Muhammadiyah 1 Trenggalek, Ibu Dwi Armindari, S.Pd, pencairan dana PIP adalah sebanyak 115 anak. siswa yang mendapatkan pencairan dana PIP adalah kelas 12 dan alumni.

" pada awal tahun 2019 ini, orang tua siswa sebanyak 115 diundang untuk pencairan dana PIP", tegas mbak dwi, sapaannya.

Menurut Ibu Kepala Sekolah SMk Muhammadiyah, dana yang telah cair bisa digunakan sebagaimana mestinya, yaitu untuk keperluan pendidikan. orang tua siswa wajib mengarahkan anaknya untuk menggunakan dana PIP dengan baik.



Pemerintah serius menangani pendidikan di Indonesia. Melalui program PIP ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. 


PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.


Untuk apa saja penggunaan dana PIP?


Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Bagaimana jika siswa miskin belum menerima KIP?

Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. 

Jika siswa tersebut tidak memiliki KKS, orang tuanya dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran.


Bagaimana jika KIP hilang/rusak?

Kartu menjadi tanggung jawab pemilik. Jika KIP hilang/rusak, pemilik kartu dapat segera menghubungi kontak pengaduan PIP. 

Untuk penggantian kartu baru, pemilik wajib memberitahukan nomor KIP dan menyertakan identitas diri.


Apakah ada lembaga yang mengawasi pelaksanaan PIP?

Ada. Selain pengawasan internal sekolah/lembaga pendidikan, pengawasan eksternal dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Masyarakat juga dapat membantu pengawasan PIP dengan melaporkan hal yang dianggap tidak sesuai ke kontak pengaduan.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.