Sholat Duha 8 Roka'at, Mengawali Serangkaian Pesantren Kilat SMK Muhammadiyah Trenggalek
Sholat Duha 8 Roka'at, Mengawali Serangkaian Pesantren Kilat SMK Muhammadiyah Trenggalek

Sholat Duha 8 Roka'at, Mengawali Serangkaian Pesantren Kilat SMK Muhammadiyah Trenggalek



Trenggalek, esemkamu.com. Serangkaian kegiatan dilakukan oleh panitia Pesantren Kilat Smk Muhammadiyah Trenggalek, salah satunya melaksanakan solat Duha berjamaah 8 rokaat.

Sejak dilaksanakan pondok kilat hari Jum'at (24/05), hingga hari rabu kedepan, setiap pagi dilaksanakan solat duha berjamaah oleh siswa sisiwi dan dewan guru SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek.

Pagi hari ini, Bapak Aspiyodin sebagai imam sholat, menyelenggarakan sholat dengan tenang dan khusyuk.

Setelah sholat sunnah Duha, Bapak Aspiyodin memberikan ceramah keagamaan tentang betapa pentingnya puasa romadhon dan pahala-pahala puasa di bulan romadhon.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)


Keutamaan Puasa

1. Puasa adalah Penghalang dari Siksa Neraka. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka,” (HR Ahmad).
2. Puasa akan Memberikan Syafa’at bagi Orang yang Menjalankannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  ”Puasa dan Al Qur’an itu akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata,’Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafa’at kepadanya’. Dan Al Qur’an pula berkata, ’Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafa’at kepadanya.’ Beliau bersabda,’Maka syafa’at keduanya diperkenankan,” (HR Ahmad).
3. Orang yang Berpuasa akan Mendapatkan Pengampunan Dosa.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni,” (HR Bukhori).
Ganjaran Bagi Mereka Yang Berpuasa
“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk,” (HR Bukhori).

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.