-->
Ustadz Imron Khusaeni: Iman Ilmu Amal Adalah Harmonisasi Keagamaan
Ustadz Imron Khusaeni: Iman Ilmu Amal Adalah Harmonisasi Keagamaan

Ustadz Imron Khusaeni: Iman Ilmu Amal Adalah Harmonisasi Keagamaan




ESEMKAMU.COM – Dalam beragama islam, kita harus mengedepankan adanya aspek keseimbangan dan harmonisasi antara Iman Ilmu dan Amal. Sebagai pelajar Muhammadiyah, siswa-siswi SMK Muhammadiyah harus mampu menyeimbangkan antara keilmuan, keimanan dan amal saleh. Begitu pesan Guru Pendidikan Agama Islam yang juga merupakan WK Kesiswaan SMK Muhammadiyah dalam tausiyah pagi pasca sholat duha berjamaah, di Aula SMK Muhammadiyah, Jumat (24/05).
Iman itu berupa pembenaran hati’ artinya hati menerima semua ajaran yang dibawa oleh Rasul shallallahu ‘alahi wa sallam. ‘Pengakuan dengan lisan’ artinya mengucapkan dua kalimat syahadat ‘asyhadu an la ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rasulullah’. Sedangkan ‘perbuatan dengan anggota badan’ artinya amal hati yang berupa keyakinan-keyakinan dan beramal dengan anggota badan yang lainnya dengan melakukan ibadah-ibadah sesuai dengan kemampuannya”, tutur bapak Imron.
”Berilmu adalah kunci dalam meraih peradaban , meraih masa depan. Dan barang siapa yang menguasai ilmu, maka dia akan menguasai kehidupan dan masa depan,” paparnya didepan siswa dan dewan guru.
”Wahyu yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT  adalah Iqra, yang berisi perintah untuk membaca dalam makna yang luas. Mulai membaca dan menulis, terus berpikir, mencerdaskan, berinovasi dan berilmu,” paparnya.
“Suatu amalan dalam agama islam dikatakan sebagai amal shalih apabila terpenuhi di dalamnya dua syarat, yaitu Ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dalam hal sebab, jenis, kadar, tata cara, waktu, dan tempat

Bapak Imron menegaskan, muara dari aliran ilmu dalam kehidupan adalah dengan diraihnya puncak kehidupan yang membebaskan, mencerdaskan, memberdayakan dan memajukan peradaban umat manusia. Khususnya umat Islam. 
Ilmu tanpa iman akan membuat seseorang menjadi pincang (tidak lengkap) dan jumawa. Iman tanpa ilmu, akan menjadikan seseorang menjadi "buta". dan iman, ilmu tanpa amal saleh, merupakan suatu kebohongan. 
Karenanya, ilmu memperoleh tempat yang sangat penting sebagaimana iman dan amal shaleh.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.