-->
Lomba PCTA jatim ; Perwujudan Cinta Tanah Air Terhadap Produk Dalam Negeri
Lomba PCTA jatim ; Perwujudan Cinta Tanah Air Terhadap Produk Dalam Negeri

Lomba PCTA jatim ; Perwujudan Cinta Tanah Air Terhadap Produk Dalam Negeri




Trenggalek, esemkamu.com. SMK Muhammadiyah Trenggalek, masuk 20 besar kandidat kuat dalam Parade Cinta Tanah Air yang diselenggarakan di Jawa timur. salah satu Tim yang masuk adalah Tim 2 yang dikoordinatori oleh Laura Yensie. Bagaimana bentuk gagasan mereka hingga lolos 20 besar Jatim ? berikut ulasannya:
Sekolah SMK menjadi media sekaligus sarana untuk mengembangkan kreativitas dan melahirkan generasi yang paham Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini sesuai dengan komitmen sekolah SMK Muhammadiyah Trenggalek, sekolah yang mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, bahwa pemuda adalah generasi yang cerdas dan penerus estafet kebangsaan, maka nilai-nilai cinta terhadap negeri harus dibagun lewat sekolah. Di Sekolah, siswa yang akan memegang kendali untuk meneruskan negara ini menjadi bangsa yang maju, dan dikenal kreativitas dan keunikannya.
Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, seakan menjadi roket pendorong pendidikan kejuruan di negeri ini. Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 karena melihat bangsa Indonesia menghadapi tantangan global akibat Revolusi Industri 4.0 di Abad XXI. Gelombang besar Revolusi Industri 4.0 membiakkan teknologi desruptif (KBBI; merusak, memusnahkan, atau menghancurkan) yang luar biasa dahsyat dan membuat turbulensi (gerakan) kehidupan baru, serta persaingan global yang makin berat. Revitalisasi SMK diharapkan dapat mendongkrak kualitas tenaga kerja Indonesia yang sekarang statistiknya masih menggelembung di tingkat bawah dengan tingkat pendidikan mayoritas pendidikan dasar.
Revitalisasi SMK diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu SMK dengan dua orientasi baru. Pertama, mengantisipasi datangnya gelombang Revolusi Industri 4.0 dengan segala teknologi desruptif yang menyertainya; dan kedua, orientasi pengembangan keunggulan potensi wilayah sebagai keunggulan nasional untuk menciptakan daya saing bangsa. Pilar pertama memperkokoh jalinan SMK dengan dunia usaha dan industri Abad XXI, pilar kedua mendongkrak keunggulan lokal menjadi keunggulan global.
Terdapat 6 (enam) isu strategis yang menjadi prioritas revitalisasi SMK, yakni penyelarasan dan pemutakhiran kurikulum; inovasi pembelajaran; pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan; dan kemitraan sekolah dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan perguruan tinggi; standarisasi sarana dan prasarana utama; dan penataan/pengelolaan kelembagaan.
Upaya peningkatan pemahaman tentang rasa cinta terhadap NKRI dan terbitnya Revitalisasi SMK oleh presiden, seolah melengkapi khasanah keilmuan di sekolah SMK. Upaya pemahaman tentang rasa cinta terhadap NKRI ini sejatinya untuk menangkal gerakan-gerakan ekstrim yang berusaha memecah belah persatuan Indonesia yang terbingkai dengan baiknya. Selain itu Revitalisasi SMK, UKM yang dibangun ini juga menjadi wadah bagi siswa SMK untuk berkonsentrasi dalam memperkuat ketrampilan dan inovasi pada bidang wirausaha.
Inilah yang seharusnya diperankan oleh siswa SMK. Menjadikan Sekolah sebagai pemahaman yang mengajarkan pengetahuan tentang ketrampilan wirausaha, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tanpa melupakan keutuhan NKRI. Dengan kata lain, Sekolah menjadi metode bagi seluruh penghuninya untuk menangkal gerakan radikalisme sekaligus penguatan ketrampilan menjadi inovator kewirausahaan.
Dengan mengenalkan ideologi Pancasila dengan pemahaman yang benar. Maka, seseorang sudah berusaha untuk menjaga kemakmuran rakyat, serta keutuhan bangsa ini. Karena, ideologi Pancasila sudah menjadi sebuah pemahaman yang mengajak seluruh masyarakatnya untuk mencintai dan bagaimana menjadi generasi millennial yang cinta NKRI.
Sekolah harus menjadi pusat penguatan NKRI dan Pancasila, sekaligus menjadi miniatur kemajemukan, toleransi, cinta perdamaian. Hingga seluruh jajaran Sekolah menemukan keindahan dan kekhasanahan Indonesia yang aman, tenang, tenteram dan tentunya mendamaikan. Karena keutuhan negeri ini jauh lebih menyenangkan, dibandingkan harus mengikuti satu alur yang bersifat ekstrem dan mementingkan golongannya sendiri.
Dalam hal ini sekolah SMK harus memberikan pendidikan anti radikalisme. Sebab, radikalisme lahir dari pikiran serta pengetahuan yang salah. Dan dari situlah Sekolah memiliki peran aktif untuk mengurangi dan menghentikan radikalisme dengan pemikiran yang benar.
Pemahaman inilah yang harusnya menjadi jalan untuk menuju keutuhan Indonesia. Di mana seluruh masyarakat Indonesia khususnya jajaran Sekolah harus memahami pentingnya menjaga Indonesia. Baik dalam pemikiran ataupun dalam tindakan. Dari situlah kemudian akan lahir bibit-bibit unggul yang dari pikiran sudah menyebarkan perdamaian.
Jadikan Sekolah sebagai wadah untuk melahirkan generasi cinta tanah air. Generasi yang siap menjaga serta mengelola Indonesia menjadi lebih baik lagi. Menjadi Indonesia yang berkedaulatan dan bersatu untuk negara yang damai dan mendamaikan.
Industri Kreatif “Batik Shibori Trenggalek” bagi Sekolah SMK
Menurut (Kwartono), UMKM adalah kegiatan ekonomi rakyat yang punya kekayaan bersih maksimal Rp. 200.000,000,- dimana tanah dan bangunan tempat usaha tidak diperhitungkan. Dan atau mereka yang punya omset penjualan tahunan paling banyak Rp.1.000.000.000,- dan milik warga negara Indonesia.
Shibori adalah teknik pewarnaan kain asal Jepang yang dikenal sejak sekitar 600 tahun lalu. Lebih mudah ketimbang membatik sebab tekniknya berupa ikatan dan celupan. Mengingat Trenggalek mempunyai trend semakin “meroket”, maka kami sebagai siswa SMK Muhammadiyah Trenggalek, tidak ingin ketinggalan. Maka kami mempunyai inisiatif untuk membuat kerjainan baju dari kain batik Shibori khas Trenggalek.
Industri Kreatif semakin “menggila” setelah adanya revolusi Industri 4.0 dan revitalisasi SMK. Kelompok-kelompok di sekolah SMK semakin “liar” mendistribusikan inovasinya dalam dunia wirausaha kedalam ruang kreatif. Banyak sekolah yang ikut berjuang untuk meningkatkan industri kreatif d Indonesia. Salah satu sekolah di SMK Mhammadiyah Trenggalek, kami bersama tim ikut bersama-sama mengembangkan inovasi.

Menurut menteri pendidikan, bapak Muhajir Effendi, industri kreatif dapat menjadi peluang ekonomi bagi Indonesia di masa depan. Menurutnya sangat sulit menyaingi China dalam hal manufacture atau Amerika dalam hal teknologi. Yang paling berpeluang adalah industri kreatif dan kekayaan budaya yang kita miliki.

Keutamaan industri kreatif adalah tidak terjadinya reproduksi atau produksi massal. Menurut bapak Muhajir, Ada 'sense of exclusivity' dalam setiap produk yang diciptakan dan ini menjadi nilai tambah industri kreatif yang tidak dimiliki manufacture.

Metode Pembuatan Batik Shibori Trenggalek
SMK Muhammadiyah Trengalek mendatangkan pelatih dari luar untuk melatih siswa-siswai SMK membuat batik Shibori. Menurut anik Mintorowati, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat batik ini. Pertama adalah, Pastikan kain dalam situasi bersih;
1.      Membikin wujud/desain motif dengan mengikat Kelereng, Uang koin, atau Batu pada sebagian komponen kain mengaplikasikan karet secara cepat dan bervariatif;
2.      Rebus air mengaplikasikan Bejana (Panci) sampai mendidih
3.      Sesudah mendidih, campurkan pewarna dan penguat yang berada dalam satu kemasan Wenter maupun Wantex;
4.      Tambahkan garam dua sendok makan dan cuka secukupnya disertai dengan mengaduk larutan sampai merata;
5.      Basahi kain yang sudah diikati dan diwujudkan motif dengan air bersih;
6.      Celupkan kain hal yang demikian pada cairan warna. Seandainya mengharapkan satu warna, celupkan semua komponen kain dalam larutan pewarna yang mendidih.
7.      Aduk dalam waktu 20-30 menit supaya warna merata dan menempel kuat;
8.      Seandainya mengharapkan warnalain, langkah pada no. 6 (enam) cuma mencelupkan beberapa pada cairan pewarna pertama dan mencelupkan kain yang belum terkena warna pada cairan pewarnalainnya.
9.      Celupkan berkali-kali pantas jumlah warna yang dikehendaki;
10.  Bila progres pencelupan warnaselesai, kain diangkat dan dibilas mengaplikasikan air dingin yang bersih;
11.  Kemudian segala ikatan dilepas, kain ditiris dan dikeringkan;
12.  Sesudah kering, rapikan dengan menyetrika kain hal yang demikian.
13.  Karet dapat diganti dengan tali, yang penting ikatannya patut cepat;
14.  Garam dan cuka dipakai sebagai tambahan penguat supaya warna tak gampang luntur;
15.  Pakai satu wadah (bejana/panci) untuk satu warna saja;
16.  Pada praktek ini, sebaiknya wadah yang dipakai khusus untuk pembuatan Jumputan atau batik ikat celup. Tetapi seandainya wadah hal yang demikian akan dipakai untuk kebutuhan lain, selesai praktek, bersihkan dengan bagus bejana/panci yang sudah dipakai sebagai wadah progres mewarnai sampai benar-benar bersih.
17.  Kain hasil praktek Jumputan (Batik Ikat Celup) ini lazimnya dipakai sebagai taplak meja dalam pertemuan Orang Tua/WaliSiswa/i dengan pihak sekolah.
18. Untuk memandang lebih komplit dokumentasi praktek membikin batik jumputan (ikatcelup), anda dapat praktek di wokrshop kami.

Menjaga Keanekaragaman yang Ada di Sekolah
SMK Muhammadiyah pernah memenangi kejuaraan lomba Pancasila pada tahun 2018. Sekolah kami menerapkan sekolah Pancasila memang sudah lama, bahkan sejak berdiri, nilai-nilai pancasila sudah diterapkan. Jika berkaca pada sejarah, Indonesia memiliki banyak suku, ras, agama, serta bahasa yang bermacam-macam. Keanekaragaman inilah yang akan menjadi salah satu bukti, bahwa Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi peradaban yang damai. Termasuk di SMK Muhammadiyah Trenggalek, Di mana meskipun kita berbeda-beda, tapi kita tetap satu tujuan, yaitu menjaga keutuhan Indonesia agar tetap jaya.
Untuk itu, sudah menjadi tugas utama menjaga Indonesia ini agar tetap utuh dengan berbagai keanekaragaman yang sudah ada. Bolehlah mempelajari pemahaman baru, tetapi jangan pernah mengikutinya, terlebih pemahaman yang berusaha mengadu domba dan merusak tatanan Indonesia yang damai sekarang ini. Karena tugas generasi sekarang atau sering sebut generasi millennial diharuskan untuk menjaga keutuhan NKRI.
1.    Keunggulan dalam intrakurikuler
Dengan diberlakukannya penerapan dan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam manajerial sekolah, terutama pada kegiatan intrakuikuler, sekolah mendapatkan banyak manfaat dan keunggulan, diantaranya :
a.       Dengan adanya integrasi nilai-nilai pancasila dalam manajemen kurikulum, diantaranya memasukkan butir-butir sila pancasila dalam keseluruhan proses pembelajaran, yang dimasukkan dalam RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), maka tercipta karakter yang bersinergi dengan penguatan sila-sila. Diantaranya tercipta pembelajaran yang toleran, bekerjasama dalam kelompok, mengutarakan pendapat dengan baik, sopan dan patuh terhadap guru.
b.      Terbangunnya watak dan perilaku siswa untuk tepat waktu dalam melaksanakan peribadatan keagamaan, kegiatan keagamaan terimplikasikan tidak hanya berhubungan dengan Tuhan, akan tetapi lebih luas termanifestasikan dalam kehidupan sosial dan alam semesta.
c.       Terbinanya rasa cinta terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI), cinta damai dengan sesama warga Indonesia tanpa adanya disparitas SARA, sehingga menciptakan nuansa kesejahteraan tanpa sekat.
2.    Keunggulan dalam ekstrakurikuler
Dengan diberlakukannya penerapan dan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam manajerial sekolah, terutama pada kegiatan ekstrakuikuler, sekolah mendapatkan banyak manfaat dan keunggulan, diantaranya :
a.       Budaya kepemimpinan yang diperoleh dari kegiatan kepramukaan / Hizbul Wathan (HW) menjadikan basis karakter yang kuat untuk siswa.
b.      Potensi dan kemampuan siswa mampu diekspresikan sesuai dengan keinginan siswa.
c.       Pendidikan tentang berorganisasi dan keterbukaan dalam berpendapat dicerminkan dengan keikutsertaan siswa dalam musyawarah untuk mufakat dalam berbagai kegiatan diantaranya pemilihan ketua dan rapat-rapat MPK, IPM dan kelas.
d.      Pendidikan tentang keterbukaan informasi publik yang tercermin dalam kejurnalistik-an dan karya tulis ilmiah.
e.       Siswa mampu mengetahui dan menerapkan serta mengeksplorasi budaya Trenggalek yang tercermin dalam kesenia tari
3.    Keunggulan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
Dengan diberlakukannya penerapan dan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam manajerial sekolah, terutama pada kegiatan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat, sekolah mendapatkan banyak manfaat dan keunggulan, diantaranya :
a.       Mempererat sifat kebersamaan yang membudaya dalam lingkungan sekolah dan masyarakat untuk membentuk lingkungan yang bergotong-royong. Maka hubungan didalam sekolah akan saling memiliki dan mempunyai rasa saling tenggang-rasa. Hubungan antara sekolah dan masyarakat sekitar juga akan berdampak baik, saling membantu dan tolong-menolong, terlebih utama menimbulkan sistem check an balance.
b.      Terciptanya solidaritas yang tinggi dalam keluarga sekolah, suasana kekeluargaan sebagai penerapan sila persatuan indonesia. Solidaritas dalam lingkungan sekolah akan berimbas pada solidaritas dalam lingkungan masyarakat yang merupakan bagian dalam keluarga besar.
c.       Terciptanya rasa aman. Penting sekiranya bahwa keamanan tercipta tidak bisa dengan tanpa kebersamaan dan sinergi. Bilamana hubungan emosional sudah terbangun dari dalam (internal sekolah) dan diluar (masyarakat), maka budaya saling memberi keamanan untuk semua warga akan tercipta dengan baik.
Dalam hal ini Sekolah menjadi media yang sangat aktif dalam menjaga keanekaragaman bangsa. Selain memberikan pemahaman yang positif bagi generasi bangsa, gerakan cinta Tanah Air ini juga menjadi solusi untuk kemajuan bangsa yang beradab. Karena mereka yang mencintai Indonesia dengan dasar Ideologi Pancasila, maka dirinya sudah memahami betul bagaimana keindahan Indonesia ini.
Jadikan Indonesia ini sebagai negara yang menyenangkan. Bangsa yang mengajarkan penghuninya untuk menjadi manusia yang beradab dan mengajari pentingnya kebersamaan. Berangkat dari Sekolah, jaga Indonesia dengan baik, lindungi harta-harta berharga yang ada di dalamnya. Hingga perbedaan dan keanekaragaman yang ada di dalamnya terjaga dengan baiknya.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.