Mengangkat Janggelan Trenggalek, siswa SMK Muhammadiyah Go Jatim
Mengangkat Janggelan Trenggalek, siswa SMK Muhammadiyah Go Jatim

Mengangkat Janggelan Trenggalek, siswa SMK Muhammadiyah Go Jatim



Trenggalek, Esemkamu.com. Sebanyak tiga Tim dari SMK Muhammadiyah Trenggalek dinyatakan lolos 38 besar  dalam perlombaan Parade Cinta Tanah Air Se Jawa Timur. Ini adalah serangkaian prestasi yang nyata dari siswa.

SMK Muhammadiyah mengirim Tiga tim, setiap tim ada tiga siswa dan satu pendamping. salah satu Tim menggagas Janggelan Trenggalek untuk dijadikan gagasan. Berkat langkah yang cerdas dari Tim, akhirnya mereka saat ini sedang bertanding merebutkn juara tingkat jatim. lantas, bagaimana gagasan Janggelan yang di tulis oleh sswa ? berikut cuplikannya.

Bank Dunia merilis pernyataan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu dari enam negara yang pertumbuhan ekonominya akan mencapai lebih dari setengah pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2025. Negara-negara tersebut adalah Brazil, Russia, Indonesia, India, China, dan Korea Selatan atau lebih dikenal dengan sebutan BRIICS. Keenam negara inilah yang diprediksi akan menggeser ekonomi dunia. Selain itu BRIICS juga berpotensi menjadi emerging economy country dan akan menjadi driver pertumbuhan negara berkembang. Emerging economy country adalah keadaan negara yang pertumbuhan ekonominya sangat pesat dan volatilitasnya tinggi. Negara seperti ini menjanjikan potensi pertumbuhan luar biasa namun memiliki resiko politik, keuangan, dan sosisal yang signifikan. Penyataan ini dirilis di Wasingthon DC pada 17 Mei 2011.
                 Sebagian besar perekonomian Indonesia ditopang oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi besar pada produk domestik bruto dan banyak menyerap tenaga kerja. Dinegara berkembang, UMKM masih menjadi pondasi ekonomi utama.
Harapan Baru UMKM Naik Kelas
Menurut para ahli ada beberapa pengertian mengenai UMKM, diantaranya : menurut Rudjito, UMKM adalah usaha yang punya peranan penting dalam perekonomian negara Indonesia,baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya. Menurut Ina Primiana, UMKM adalah pengembangan empat kegiatan ekonomi utama yang menjadi motor penggerak pembangunan Indonesia, yaitu industri manufaktur, agribisnis, bisnis kelautan dan sumber daya manusia.. menurut M. Kwartono, UMKM adalah kegiatan ekonomi rakyat yang punya kekayaan bersih maksimal Rp. 200.000.000,- dimana tanah dan bangunan tempat usaha tidak diperhitungkan .
            Dari pendapat beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa UMKM adalah suatu usaha produktif yang dimiliki dan dikembangkan seseorang serta berperan penting dalam perekonomian negara guna memenuhi ekonomi masyarakat.
            Sektor industri dapat menjadikan perekonomian negara semakin meningkat, apalagi dengan adanya UMKM maka dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di negara ini. Perekonomian Indonesia akan memiliki dasar yang kuat jika ekonomi dapat bersaing tinggi sehingga pendapatan negara akan mengalami peningkatan.
            Menurut Ketua Student Enterpreneurship Center (SEC) Universitas Sumatra Utara menjelaskan bahwa UMKM naik kelas secara umum diantaranya : pertama: UMKM sudah berbasis teknologi, artinya dalam proses produksinya UMKM sudah menggunakan teknologi yang ada, sesuai dengan tipikal usaha yang dugeluti. Kedua, UMKM sudah memakai sistem pemasaran berbasis IT yang berarti bahwa pelaku usaha sudah melakukan pemasaran produk melalui internet, serta mampu melayani pesanan produk melalui internet. Ketiga, Pelaku UMKM memiliki sumber daya manusia yang terampil dan berpengetahuan. Keempat, Fokus pada pelayanan konsumen, mampu menghasilkan produk demand driven berdasarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Kelima, Pelaku usaha sudah bersikap adaptif.
            UMKM naik kelas bisa berupa tindakan atau usaha yang dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas kompetensi bisnisnya agar dapat bertumbuh menjadi sebuah usaha yang produktif dan berdaya saing tinggi.
Siswa Mampu Berinovasi dalam Berwirausaha
            Menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
            Sedangkan menurut para ahli ada beberapa pengertian wirausaha, diantaranya : Richard Cantillon (1755), menjelaskan bahwa wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru. Menurut J.B Say (1863), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi. Menurut Dan Stein dan John F.Burgess(1993:35), wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan,dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.
            Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah seseorang yang berani berusaha secara mandiri dengan segala resiko yang akan dihadapinya serta dapat melihat peluang dari sebuah usaha yang dijalani.

Peran Pemuda dalam Inovasi UMKM         
Pada dasarnya UMKM sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan komponen penunjang untuk menjalankan UMKM tersebut adalah pemuda. Dalam proses pengembangan inovasi UMKM peran pemuda sangat penting,  generasi muda dapat mendorong produktivitas yang lebih baik. Peran pemuda dalam inovasi UMKM bisa dilaksanakan apabila mereka bisa menciptakan ide dan kreativitas yang baru. Apalagi di era yang serba modern seperti sekarang bisa banyak memanfaatkan teknologi guna mewujudkan tujuan yang hendak dicapai.
Sebenarnya dalam inovasi UMKM banyak orang yang memiliki ide kreatif dan potensi yang cukup tinggi, namun mereka enggan untuk mengembangkan ide dan potensinya, sehingga tidak heran jika peran generasi muda masih minim dalam hal inovasi UMKM. Namun, jika kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap inovasi UMKM ini tinggi maka perekonomian juga bisa membaik melalui UMKM. Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki maka seseorang itu harus memiliki unsur work smart, yang bisa diartikan kerja cerdas.
Peran pemuda sangat penting karena pemuda lebih cepat dan tanggap dalam berinovasi. Supaya bisa mengembangkan ide kreatifnya, maka perlu memperhatikan hal hal berikut :  pertama, Memiliki unsur kognitif, yaitu memiliki pengetahuan yaitu dengan mencari di berbagai sumber. Kedua, memiliki ide usaha yang kreatif dan inovatif. Ketiga, memiliki sifat WorkHard, yang berarti kerja keras dalam pengembangan inovasi UMKM.
Hal diatas bisa meningkatkan peran pemuda dalam pengembangan inovasi UMKM  dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian.

Peran pemuda dalam cinta tanah air (NKRI)
Sebagai generasi penerus bangsa peran pemuda sangat penting untuk mewujudkan cita cita tujuan nasional. Seperti perkataan Bung Karno “Beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncangkan dunia”. Dari perkataan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwasanya peran pemuda sangat berpengaruh terhadap kemajuan negara. Oleh karena itu peran pemuda bisa membawa NKRI ke dalam keadaan yang lebih baik. Baik buruknya suatu negara itu juga tergantung kualitas dan kuantitas pemudanya.
Peran pemuda dalam cinta tanah air salah satunya bisa di wujudkan dengan dukungan terhadap perekonomian negara. Karena perekonomian bisa menunjang kemajuan, sehingga negara tersebut bisa memenuhi kebutuhannya. Pemuda bisa menjadi People make Progress ( orang yang membuat kemajuan ) dalam setiap waktu, jika mereka menyadari bahwa perannya begitu penting dalam hal perekonomian. Pemuda mempunyai posisi yang strategis dan istimewa, karena pada dasarnya pemuda lebih memiliki pemikiran yang luas.
Dengan Cinta Tanah Air dan menyadari pentingnya perekonomian  guna memajukan negara maka pemuda harus bisa berpikir rasional dan kritis.   Pemikiran yang rasional dan kritis bisa digunakan untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengembangan inovasi. 
Peran kita sebagai pemuda sekaligus pelajar dalam mencintai tanah air NKRI salah satunya dengan menempuh pendidikan yang tinggi. Dalam kondisi Indonesia yang kini semakin banyak menurun, baik dari moral, akhlak maupun SDM nya kita sebagai pemuda sangat berperan penting dalam melakukan perubahan tersebut.
Kualitas perekonomian Indonesia berada peringkat ke 87 dari 157 negara sehingga kita sebagai pemuda perlu bergerak untuk melakukan perbaikan dalam meningkatkan mutu perekonomian negara ini.

Industri Kreatif Produk Janggelan Trenggalek
Sebagai masyarakat Desa, belum banyak yang mencoba menggali secara berkala terhadap Sumber Daya Alam dengan segala potensi yang dimilikinya. Adapun Desa yang sudah mempunyai Potensi SDM, belum bisa diupayakan untuk memaksimalkan kegunaannya dalam ranah seni, budaya hingga pemasaran. Nah, dalam hal inilah, diperlukan adanya pendampingan khusus dari stakeeholder untuk menggali, menganalisis, hingga mengarahkan menuju kesejahteraan masyarakat terkait segala hal Potensi disuatu Desa.
Salah satu Potensi yang selalu berkembang adalah Potensi Makanan. Ada banyak sekali makanan yang bervariasi mulai dari rasa, jenis hingga penghidangannya. Makanan adalah kebutuhan yang paling Primer dalam seluruh semesta kehidupan manusia. Adanya makanan akan menghantarkan tubuh manusia pada kondisi kesehatan yang maksimum. Dalam perkembangannya makanan diolah dari bahan dan komposisi yang tidak umum, seperti bahan dasar beras, kedelai, jagung, akan tetapi, lebih dari itu, bahkan lebih produktif lagi yaitu berdasarkan kreatifitas, makanan bahan dasar yang memberikan manfaat lebih seperti kelengkapan gizi, kandungan kalori dan masalah utama kesehatan.
Salah satu potensi makanan yang masuk dalam kategori tersebut adalah Janggelan Trenggalek. Janggelan merupakan salah satu bahan makanan untuk pembuatan Cincau hitam. Dalam bahasa ilmiahnya, tumbuhan yang menciptakan makanan Janggelan, terkenal dengan nama Mesona Palustri BL yang merupakan tanaman yang subur tumbuh pada dataran tinggi dengan intensitas cahaya matahari tinggi. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut black grass jelly ini banyak ditemui dikabupaten Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Pacitan, Wonogiri.
Di Trenggalek, Janggelan banyak ditemui di Kecamatan Pule. Beberapa Desa yang memproduksi Janggelan adalah  Desa Pule, Jombok, Tanggaran, Pakel. Disana, banyak industri rumahan yang mengolah tumbuhan cincau hitam, Janggelan, tersebut menjadi makanan berupa cincau, cendol,yang enak. Akan tetapi, minimnya pengetahuan tentang UMKM, maka usaha Janggelan belum sepenuhnya dikelola dengan baik.
Kecamatan pule mempunyai Janggelan yang produksinya bernilai puluhan Ton setiap Bulan. Dalam hal pengelolaan janggelan, dipilah dari banyak hal diantaranya: petani Janggelan, pengepul Janggelan, dan pengolah Janggelan. Dalam mengolah janggelan, seseorang dikategorikan sebagai pengusaha Janggelan, usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pengembangan usaha terhadap UMKM yang dilakukan dengan partisipas dunia usaha dan masyarakat  itu, sejatinya berdimensi luas menyangkut bidang fungsi bisnis atau usaha, yaitu: produksi, pemasaran, sumber daya manusia dan teknologi. Peningkatan kwalitas produksi, tata kelola pemasaran, Sumberdaya Manusia dan didapatkannya Teknologi merupakan hal yang dibutuhkan untuk para pelaku usaha dan seluruh dunia usaha. Dalam mengelola suatu usaha produktif seperti Janggelan, diperlukan banyak hal yang perlu untuk dikembangkan. Janggelan tidak cukup untuk diproduksi dan dijual, selesai, namun lebuh daripada itu, guna meningkatkan ekonomi masyarakat lewat usaha produktif, diperlukannya pengetahuan tentang tata kelola usaha mulai dari pemilihan bahan dasar Janggelan yang terbaik, pengolahan bahan, pengemasan produk Janggelan, pemasaran secara tradisional atau menggunakan market Digital, hingga pada proses mempertahankan usaha dari gerusan perkembangan zaman.

Janggelan atau Cincau Hitam (Mesona palustris BL)
Janggelan, masyarakat Trenggalek menamainya. Sama namanya dengan Cincau Hitam. Cincau hitam (Mesona palustris BL) adalah salah satu tanaman berbentuk perdu dengan ketinggian antara 30 – 60 cm dan tumbuh baik di daerah yang mempunyai ketinggian 75 – 2.300 meter di atas permukaan laut, serta dapat tumbuh baik pada musim kemarau maupun penghujan. Tanaman ini tumbuh baik di daerah Sumatera Utara, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, dan Sulawesi (Widyaningsih, 2007).
Klasifikasi tanaman cincau hitam adalah sebagai berikut (Rahmawansah, 2006) :
Kingdom          : Plantae (Tumbuhan)
Sub-kingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan)
Super Divisi      : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (Berkeping dua)
Sub kelas         : Asteridae
Ordo                : Lamiales
Famili               : Lamiaceae
Genus              : Mesona
Spesies            : Mesona palustris BL.

Tanaman cincau hitam ini berbentuk perdu, merumpun, batang beruas, berkayu, persegi, kecil, berbulu, dan berwarna kemerahan.Daun berwarna hijau, lonjong, tipi lemas, ujungnya runcing, serta pangkal tepi daun bergerigi dan berbulu.
Tanaman cincau hitam yang telah dipanen kemudian dikeringkan dengan cara dihampakan di atas permukaan tanah, sehingga warnanya berubah dari hijau menjadi cokelat tua. Seluruh bagian tanaman ini yang sudah dikeringkan disebut dengan simplisia cancau hitam. Bagian tanaman cincau hitam yang mempunyai kegunaan adalah bagian daun dan bagian batangnya yang dapat menghasilkan ekstrak gel cincau lebih banyak (Widyaningsih, 2007).

Cincau hitam (Mesona palustris BL) telah diketahui bersifat multifungsi sebagai antimutagenik, hepatoprotektor, antioksidan, imunomodulator dan berpotensi mencegah terjadinya karsinogenesis, antidiare, antidiabetes, antihipertensi, (Yen et al., 2001; Widyaningsih and Adilaras, 2013;Hung and Yen, 2002; Widyaningsih dkk., 2012, Widyaningsih dan Safitri, 2013; Yang, et al., 2008; Yeh, et al., 2008).Menurut Widyaningsih (2009) bahwa ekstrak air cincau hitam mengandung senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan dan hidrokoloid berupa komponen pembentuk gel atau gum. Nilai IC50ekstrak etanolik dan ekstrak air cincau hitam mempunyai nilai IC50 berturut – turut sebesar 49,92+1,86 ppm dan 66,67+2,54 ppm (Widyaningsih and Adilaras, 2013). Selain itu, telah diketahui bahwa serbuk ekstrak air cincau hitam hasil freeze drying adalah 86,892% setara dengan ekstrak hsian-tsao dari Cina yang memiliki aktivitas antioksidan sebesar 86,5%.
Menurut Melodita (2011), pada tanaman cincau hitam terdapat senyawa bioaktif antara lain flavonoid, polifenol, glikosida saponin, terpenoid, dan steroid. Berdasarkan penelitian Rochmawati (2014) menyebutkan bahwa cincau hitam mengandung senyawa fenol.Senyawa fenol yang terdapat pada cincau hitam berkontribusi pada aktivitas antioksidan dan efek scavenging pada radikal bebas untuk mengobati suatu penyakit tertentu. Ekstrak air cincau hitam mempunyai kandungan total fenol yang cukup dominan yaitu 170,33 mg/g (Widyaningsih, dkk., 2012). Kandungan lain yang terdapat pada ekstrak air cincau hitam (Hsian-Tsao) yaitu β-carotene sebesar 0.21 mg/g, α-tocopherol sebesar 51.5 μg/g (Yen, et al., 2001). Pada penelitian Hung and Yen (2002) menunjukkan bahwa kandungan asam kafeat yang diisolasi dari ekstrak air Hsian-Tsao (cincau hitam di Cina) mempunyai rendemen dan aktivitas antioksidan tertinggi jika dibandingkan komponen fenolik lain seperti protocatechuic acid, ρ-hedroxybenzoic acid, vanillic acid, dan syringic acid. Komponen zat gizi pada daun cincau hitam dapat dilihat pada  di bawah ini.

Tabel  Komponen Zat Gizi Daun Cincau Hitam dalam 100 gram Bahan
Komposisi Gizi
Jumlah
Energi (kkal)
122
Protein (g)
6
Lemak (g)
1
Karbohidrat (g)
26
Kalsium (mg)
100
Fosfor (mg)
100
Besi (mg)
3,3
Vitamin A (SI)
1,0750
Vitamin B1 (mg)
80
Vitamin C (mg)
17
Air (g)
66,0
Bahan yang dapat dicerna (%)
40
Sumber : Direktorat Gizi Depkes (1996) dalam Widyaningsih (2007).

Khasiat daun cincau hitam yang multifungsi di bidang kesehatan terkait erat dengan kandungan serat larut air yang terdapat di dalamnya. Di dalam tubuh, serat larut air dapat mengikat kadar gula dan lemak atau kolesterol, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes mellitus, jantung stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya (Ahfan, 2009 dalam Prasetyo, 2014). Kandungan serat kasar sebesar 6,23 gram/100 gram dalam gel cincau yang dapat membantu memerangi penyakit degeneratif (Widyaningsih, 2007). Serat larut air yang tedapat pada cincau hitam biasanya disebut sebagai komponen pembentuk gel atau KPG yang merupakan suatu polisakarida alami dan dikategorikan sebagai hidrokoloid yaitu gum dan bersifat polar (Melodita, 2011).


Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.