Kegiatan Outdoor Learning Agrowisata Dilem Wilis I esemkamu.com
Kegiatan Outdoor Learning Agrowisata Dilem Wilis I esemkamu.com

Kegiatan Outdoor Learning Agrowisata Dilem Wilis I esemkamu.com


Trenggalek, esemkamu.com. Sejumlah siswa SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek pada sabtu (18-01-2020) menyelenggarakan kegiatan outdoor learning kunjungan industri di Unit Pengolahan susu dan kopi Van Dillem Wilis Kecamatan Bendungan Trenggalek.

Sedikitnya ada 40 siswa dari jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang berkunjung untuk melihat secara lagsung proses pembuatan bubuk kopi dan susu. Kegiatan ini diinisiasi oleh bapak Andik Kristanto, guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran diluar kelas pada pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.


Perkebunan Dilem Wilis adalah sebuah bekas perkebunan dan pengolahan kopi di jaman Belanda. Sisa-sisa dari perkebunan ini adalah bangunan pabrik pengolahan kopi sisa peninggalan Belanda. Selain itu ada pula pohon-pohon kopi tua yang beberapa masih berproduksi. Hasil kopi inilah yang diolah menjadi Kopi van Dilem yang terkenal itu.
Pabrik kopi ini terletak di kawasan lereng gunung Wilis tepatnya di desa Dompyong, Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menurut warga setempat pabrik kopi ini sudah ada sejak tahun 1929, yakni pada masa penjajahan Belanda jauh sebelum Indonesia merdeka. Pemilik pabrik kopi ini merupakan warga asli Belanda yang bernama Meneer Van Dilem.


Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.
Next
This Is The Current Newest Page