-->
Aplikasi Belajar Online, SMK Muhammadiyah Trenggalek Sudah menggunakannya
Aplikasi Belajar Online, SMK Muhammadiyah Trenggalek Sudah menggunakannya

Aplikasi Belajar Online, SMK Muhammadiyah Trenggalek Sudah menggunakannya


Esemkamu.com, Trenggalek. Menghadapi wabah covid-19 atau sering disebut virus corona, dunia pendidikan harus bijak dalam melakukan manajemen pendidikan utamanya dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh. Proses belajar mengajar yang biasanya dilaksanakan didalam kelas, dan siswa dihadapkan dengan guru secara langsung, kini proses belajar mengajar harus dilakukan jarak jauh secara online.

Pembelajaran jarak jauh menjadi kebijakan terbaik sebenarnya dalam menghentikan penyebaran virus. Akan tetapi pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut juga harus terus diawasi agar pembelajaran online tidak mengurangi esensi nilai pembelajaran sebgaimana biasanya belajar secara langsung dikelas.

SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek mencoba menyelenggarakan proses belajar mengajar metode jarak jauh/ online dengan menggunakan berbagai macam trik. Nah, berikut merupakan berbagai metode yang mungkin bisa digunakan oleh lembaga pendidikan untuk proses belajar online yang digunakan, diantaranya :

1. Absensi kelas setiap guru menggunakan google form

Google form disediakan untuk dijadikan formulir apapun. Dengan fasilitas yang disediakan google, bisa digunakan untuk absensi secara online. Dengan satu klik alamat, langsung tersedia formulir absensi yang jika setiap siswa mengisi akan masuk secara langsung dalam data base excel akun guru tersebut. Dengan adanya aplikasi ini, guru sangat terbantu  dalam memantau siswanya.

2. Pertemuan tatap muka untuk rapat /pertemuan menggunakan aplikasi zoom.
Aplikasi ini digunakan untuk mengadakan tatap muka dengan pengguna lain dalam satu jaringan. Contohnya seorang guru kelas, mengadakan tatap muka secara online dengan siswanya dalam pembelajaran matematika. Maka aplikasi ini tepat untuk melihat kondisi anak secara langsung.

3. Menggunakan aplikasi Whatsaap Group.
Aplikasi ini digunakan untuk mengirim laporan baik laporan pembelajaran maupun hasil pelaksanaan ujian. Sangat baik saat ini digunakan karena hampir semua siswa/guru pasti mempunyai aplikasi ini.

4. Menggunakan Edmodo.com
Aplikasi ini mempermudah guru dalam menjangkau setiap siswanya belajar. Juga sangat mudah untuk memberikan kajian tugas yang langsung memunculkan nilai hasil tes. Setiap orang bisa mengakses aplikasi ini dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya untuk kepentingan belajar mengajar.

Itulah berbagai macam metode belajar mengajar menggunakan berbagai macam aplikasi. SMK Muhammadiyah 1  Trenggalek salah satunya sudah menggunakan berbagai macam metode dan aplikasi pembelajaran dan ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi proses pembelajaran dirumah.

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.