-->
Esemkamu.com  l Merdeka Dalam Pandemi
Esemkamu.com  l Merdeka Dalam Pandemi

Esemkamu.com l Merdeka Dalam Pandemi

Merdeka Dalam Pandemi*


Esemkamu.com.Trenggalek. Merah darah pahlawan tertumpah ditanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta ini. Tanggal 17 Agustus 1945 dimana bangsa Indonesia ini dinyatakan merdeka atas segala perjuangan. Bukan hanya keringat bahkan darah pun menjadi saksi perjuangan. Ribuan pahlawan gugur demi memperjuangkan kemerdekaan negeri ini.

Senyum dan tangis bahagia melihat Sang Saka Merah Putih telah berkibar. Naskah Proklamasi telah dikumandangkan menjadi simbol bahwa perjuangan awal membentuk negara yang merdeka akan dimulai.

Seperti biasanya kita menyambut hari kemerdekaan dengan berbagai cara, baik yang ada dikota sampai pelosok desa. Bendera berkibar dimana mana sebagai simbol peringatan kemerdekaan ini. Ada nuansa yang berulang pada tanggal 17 Agustus setiap tahunya. 

Setelah Sang Saka Merah Putih dikibarkan, maka yang paling dinanti-nanti adalah karnaval untuk memeriahkan hari kemerdekaan republik Indonesia. Laki-laki, perempuan, tua, muda dan para pelajar, ini adalah saatnya menunjukkan identitas diri dibalut aneka pakaian tradisional setiap daerah di Indonesia, pakaian dinas profesi seperti guru, tentara, perawat, petani, nelayan, dan aneka atribut dan hiasan lainya. 

Mengapa tidak kita tunjukan rasa penghargaan kita dengan mulai memperhatikan bagaimana kehidupan mereka sekarang. Karena yang namanya pahlawan kemerdekaan itu bukan hanya yang sudah diberi tanda pahlawan oleh pemerintah semata, ada banyak orang-orang tua disekitar kita yang dulunya juga ikut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajah. 

Namun berbeda dengan tahun ini, mungkin tahun ini pelajar tidak ikut upacara pengibaran dilapangan namun semangat 45 tidak boleh luntur begitu saja.

Tahun ini bumi kita sedang sakit, banyak bencana alam yang terjadi dimana mana. Salah satunya dinegara kita, Indonesia saat ini sedang mengalami musibah yaitu Covid 19. Namun bukan sebuah masalah untuk tetap merdeka, sebagai pelajar juga harus tetap produktif. 

Hargai jasa para pahlawan, kita jaga baik Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.  Jangan lupa untuk melantunkan doa untuk bumi pertiwi kita. 

Belum lagi usaha kita untuk kembali menumbuhkan rasa satu nusa, satu bahasa, dan satu tumpah darah Indonesia. 

Jadilah pemuda dan pemudi bangsa yang berguna untuk kepentingan bangsa ! Tetap produktif dan tetap berkarya karena Indonesia ada pada tangan pemuda dan pemudi saat ini. 

Segera membaik bumiku! Segera membaik bumi pertiwiku ! Jayalah Indonesiaku ! 
Merdeka !!! 

*ayu. Pelajar SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek

Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.