-->
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS OLEH ANDIK KRISTANTO, SE
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS OLEH ANDIK KRISTANTO, SE

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS OLEH ANDIK KRISTANTO, SE

 



Salah satu bagian dari aktifitas seorang guru adalah melakukan penelitian untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran. Beberapa guru SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek telah melakukan penelitian untuk melakukan perbaikan terhadap proses belajar dikelas. 

Salah satunya adalah Andik Kristanto yang telah melakukan penelitian tindakan kelas untuk pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 dengan judul “Penerapan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pasar Monopoli dan Monopolistik Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek”. 

Berikut ringkasan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang penerapan media video pembelajaran pada pelajaran Ekonomi Bisnis SMK, mendapat data mengenai hasil belajar peserta didik melalui penerapan media video pembelajaran pada pelajaran Ekonomi Bisnis, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. 

Berdasarkan pada kerangka pemikiran dimana guru memiliki peran menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. 

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil Belajar yakni hasil siklus I sebanyak 6 peserta didik yang tuntas belajar dengan persentase sebesar 30% sedangkan sebanyak 12 peserta didik yang tidak tuntas belajar dengan persentase sebesar 70%. Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran daring menggunakan media video pembelajaran pada materi Pasar Monopolistik dan dilakukan post test, jumlah peserta didik yang tuntas belajar naik sebanyak 17 peserta didik dengan persentase sebesar 85% sedangkan 3 peserta didik masih tidak tuntas belajar dengan persentase sebesar 15%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek. 

Dengan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran pun membuat peserta menjadi lebih aktif dan bersikap kritis terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta didik dan hasil kuisioner yang melibatkan peserta didik yang menunjukan bahwa peserta didik menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah merasa bosan sehingga membuat hasil belajarnya mengalami peningkatan yang signifikan.





Your Reactions:

Admin
Ini adalah situs resmi SMK Muhammadiyah 1 Kabupaten Trenggalek. Kami senang dapat hadir di tengah anda, memberikan informasi dan edukasi. Dari Persyarikatan untuk Indonesia.
Next
This Is The Current Newest Page