Tentang Esemkamu


Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Innal hamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruhu wana'udubillahi min syururi anfusinaa wamin sayyiati a'maalinaa, man yahdihillaahu falaa mudhillalah, wamayyudhlil falaa haadiyalah, asyhadu allaa illaa ha illallahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluh.

Alhamdulillahirobbil alamin, puji syukur kita curahkan atas kehadirat alloh swt yang telah memberikan kesehatan, ketenangan, prestasi, dan ketenangan jiwa pada kita semua dalam berikhtiar sehari-hari dimuka bumi ini sebagai kalifah fil-ard.

Solawat beriring salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari zaman jahiliyah, yang tuntunannya membawa kita menuju zaman yang modern, penuh dengan teknologi dan keberagaman. Semoga kita semua tetap teguh dalam berdakwah dan menyebarluaskan panji-panji islamiah, berjuang berlandaskan iman, ditaburi dengan semangat juang dan fastabikhul qoirat.

SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah yang berlatar-belakang kejuruan, SMK. Sekolah ini didirikan pada tanggal 10 April 1989 M. Sekolah berlokasi di Jl. Sunan Kalijaga No. 1 Trenggalek ini merupakan ikon bagi perguruan Muhammadiyah Trenggalek. Sekolah kami menjadi sekolah yang terbuka bagi semua, karena lokasinya yang sangat strategis, yaitu tepat disisi Barat Alon-Alon kota Trenggalek.
SMK Muhammadiyah 1 Trenggalek mempunyai visi : Terwujudnya Lembaga Pendidikan Kejuruan yang Menghasilkan Lulusan yang Ber- IMTAQ Kuat, Cerdas, Mandiri dan Berkompetensi Nasional dan Internasional. Oleh karena itu, dengan semangat Revitalisasi SMK, sekolah kami mempunyai keunggulan dalam bidang, diantaranya :
1.  Keunggulan dalam intrakurikuler
a.    Dengan adanya integrasi nilai-nilai pancasila (working ideologi ) dalam manajemen kurikulum, diantaranya memasukkan butir-butir sila pancasila dalam keseluruhan proses pembelajaran, yang dimasukkan dalam RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), maka tercipta karakter yang bersinergi dengan penguatan sila-sila. Diantaranya tercipta pembelajaran yang toleran, menggali potensi siswa, bekerjasama dalam kelompok, mengutarakan pendapat dengan baik, sopan dan patuh terhadap guru.
b.    Sekolah mampu bersaing pada tingkat kabupaten dan provinsi dalam pelaksanaan kompetensi siswa, perlombaan dan kinerja sekolah. Ketersediaan ruang praktik Perkantoran dan Tata Busana yang lengkap, ruang kelas berstandar Teknologi pembelajaran, dan ruang komputer yang mumpuni.
c.    Terbangunnya watak dan perilaku siswa untuk tepat waktu dalam melaksanakan peribadatan keagamaan, kegiatan keagamaan terimplikasikan tidak hanya berhubungan dengan Tuhan, akan tetapi lebih luas termanifestasikan dalam kehidupan sosial dan alam semesta.
d.    Terbinanya rasa cinta terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI), cinta damai dengan sesama warga Indonesia tanpa adanya disparitas SARA, sehingga menciptakan nuansa kesejahteraan tanpa sekat.
e.  Tersalurkannya 90 % lulusannya kedalam dunia kerja, karena mempunyai organisasi Bursa Kerja Kusus yang handal, terpercaya dan terbukti,
2.  Keunggulan dalam ekstrakurikuler
a.    Budaya kepemimpinan yang diperoleh dari kegiatan kepramukaan / Hizbul Wathan (HW) menjadikan basis karakter yang kuat untuk siswa.
b.    Potensi dan kemampuan siswa mampu diekspresikan sesuai dengan keinginan siswa.
c.    Pendidikan tentang berorganisasi dan keterbukaan dalam berpendapat dicerminkan dengan keikutsertaan siswa dalam musyawarah untuk mufakat dalam berbagai kegiatan diantaranya pemilihan ketua dan rapat-rapat MPK, IPM/OSIS dan kelas.
d.    Pendidikan tentang keterbukaan informasi publik yang tercermin dalam kejurnalistik-an dan karya tulis ilmiah.
e.    Siswa mampu mengetahui dan menerapkan serta mengeksplorasi budaya Trenggalek yang tercermin dalam kesenian tari
3.  Keunggulan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
a.    Mempererat sifat kebersamaan yang membudaya dalam lingkungan sekolah dan masyarakat untuk membentuk lingkungan yang bergotong-royong. Maka hubungan didalam sekolah akan saling memiliki dan mempunyai rasa saling tenggang-rasa. Hubungan antara sekolah dan masyarakat sekitar juga akan berdampak baik, saling membantu dan tolong-menolong, terlebih utama menimbulkan sistem check an balance.
b.    Terciptanya solidaritas yang tinggi dalam keluarga sekolah, suasana kekeluargaan sebagai penerapan sila persatuan indonesia. Solidaritas dalam lingkungan sekolah akan berimbas pada solidaritas dalam lingkungan masyarakat yang merupakan bagian dalam keluarga besar.
c.    Terciptanya rasa aman. Penting sekiranya bahwa keamanan tercipta tidak bisa dengan tanpa kebersamaan dan sinergi. Bilamana hubungan emosional sudah terbangun dari dalam (internal sekolah) dan diluar (masyarakat), maka budaya saling memberi keamanan untuk semua warga akan tercipta dengan baik.
Semoga, dengan keinginan untuk mencapai sekolah yang berperadaban, unggul dalam Ilmu, iman dan ketaqwaan, serta cerdas dan mandiri, akan terus meningkat dalam rangka membina generasi penerus bangsa. Sehingga kedepan akan tercipta lulusan dan generasi yang handal, terampil, cerdas dan berkepribadian agamis serta mandiri.
wassalamua'alaikum warohmatullohi wabarokatuh